Update Corona Makassar

Cegah Wabah Corona di Rutan Makassar, Puluhan Tahanan Dibebaskan

"Mereka dikeluarkan sebagai upaya pencegahan dan penanggulangan penyebaran Covid-19," kata Kepala Rutan Kelas I Makasar Sulistyadi.

Dok. Rutan Makassar
Sebanyak 31 narapidana di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Makassar dibebaskan, Rabu (1/4/2020). 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Sebanyak 31 narapidana yang menjadi warga binaan Rumah Tahanan Negara (Rutan) Makassar dibebaskan karena darurat wabah virus corona atau covid 19. Narapidana itu dibebaskan melalui proses asimilasi. Rabu, (1/4/2020).

"Mereka dikeluarkan sebagai upaya pencegahan dan penanggulangan penyebaran Covid-19," kata Kepala Rutan Kelas I Makasar Sulistyadi.

Sulistyadi menegaskan bahwa pengeluaran narapidana ini tidak dipungut biaya.

Pengeluaran dan pembebasan tersebut tidak dipungut biaya atau gratis dan berdasarkan Peraturan Menteri Hukum dan HAM RI nomor 10 Tahun 2020 tentang Syarat Pemberian Asimilasi dan Hak Integrasi bagi Narapidana dan Anak dalam rangka Pencegahan dan Penanggulangan Penyebaran COVID-19.

Serta Keputusan Menteri Hukum dan HAM RI No.M.HH-19 PK.01.04.04 Tahun 2020 tentang Pengeluaran dan Pembebasan Narapidana dan Anak melalui Asimilasi dan Integrasi dalam Rangka Pencegahan dan Penanggulangan Penyebaran Covid-19.

"31 orang yang sudah memenuhi syarat yaitu telah menjalani 1/2 masa pidana yang 2/3 nya sampai pada 31 Desember 2020. Jadi mereka yang memenuhi syarat administratif dan subtantif sudah bisa keluar untuk asimilasi rumah," sebutnya.

Kendati demikian, warga binaan yang menjalani asimilasi di rumah akan diawasi secara langsung oleh Petugas Balai Pemasyarakatan (Bapas).

Ia berharap selama menjalani proses asimilasi rumah untuk tetap berkelakuan baik dan tidak melakukan tindak kejahatan.

"Selama mereka di rumah, Petugas Bapas akan hadir untuk membimbing dan mengawasi secara langsung. Sehingga proses integrasinya tetap berjalan dan setelah SK terbit nanti akan dipanggil menghadap ke kantor untuk dinyatakan bebas bersyarat," tuturnya.

Sebelum pengeluaran ini, Rutan menggelar sidang TPP sekitar pukul 10.00 WITA yang dipimpin langsung oleh Kepala Seksi Pelayanan Tahanan Darmansyah.

Sebanyak 31 narapidana di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Makassar dibebaskan, Rabu (1/4/2020).
Sebanyak 31 narapidana di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Makassar dibebaskan, Rabu (1/4/2020). (Dok. Rutan Makassar)
Halaman
12
Penulis: Hasan Basri
Editor: Syamsul Bahri
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved