Biaya Pasien Corona

Biaya Pasien ODP dan PDP Corona Siapa yang Tanggung? RSUD Bantaeng dan BPJS Kesehatan Beda Pendapat

Dua Instansi tersebut berbeda pendapat mengenai biaya pasien Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

SHUTTERSTOCK DAN BPJS KESEHATAN
Biaya perawatan pasien Virus Corona ditanggung BPJS Kesehatan atau tidak? 

TRIBUNBANTAENG, BANTAENG - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Anwar Makkatutu dan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kabupaten Bantaeng berbeda pendapat mengenai biaya Pasien Covid-19.

Dua Instansi tersebut berbeda pendapat mengenai biaya pasien Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

Kepala Bidang Pelayanan Medik RSUD Anwar Makkatutu Bantaeng, dr Hikmawaty mengatakan, pasien ODP dan PDP bukan sebuah diagnosis, untuk itu pembiayaan masih ditanggung BPJS Kesehatan.

"Kita tetap mengacu kepada diagnosa pasien, jadi dia akan ditanggung BPJS kalau dia memegang kartu BPJS, kata Hikmawaty saat ditemui TribunBantaeng.com di ruang kerjanya, Selasa (24/03/2020).

Apabila tidak mempunyai kartu BPJS, pasien akan mendapat bantuan dari Pemerintah, lewat program jaminan kesehatan Kabupaten Bantaeng.

Sementara, Kepala BPJS kesehatan Kabupaten Bantaeng, Fadillah mengatakan, tidak membiayai pasien yang berstatus ODP dan PDP.

Biaya pasien yang ditanggung BPJS Kesehatan Bantaeng, hanya pasien yang belum berstatus Orang Dalam Pantauan (ODP) atau Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

"Sebelum pasien tersebut berstatus ODP atau PDP kami yang jamin," tegasnya.

"Karena pasien yang sudah berstatus ODP dan PDP itu sudah termasuk pasien Covid-19, jadi biayanya di tanggung pemerintah," lanjutnya.(*)

Reporter Wartawan Tribunbantaeng.com, Achmad Nasution

Langganan berita pilihan tribun-timur.com di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribuntimur

Follow akun instagram Tribun Timur:

Silakan Subscribe Youtube Tribun Timur:

(*)

Penulis: Achmad Nasution
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved