RSUD Sinjai

Bukan Hanya APD, RSUD Sinjai Juga Kekurangan Stok Alat Swab

Rumah sakit yang terletak di Jalan Jenderal Sudirman, Kecamatan Sinjai Utara ini, memiliki gedung isolasi dengan lima kamar khusus.

Bukan Hanya APD, RSUD Sinjai Juga Kekurangan Stok Alat Swab
Samba/Tribun Sinjai
Gedung RSUD Sinjai di Jl Jenderal Sudirman, Kamis (11/4/2019). 

TRIBUNSINJAI.COM, SINJAI UTARA - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sinjai, menjadi salah satu rumah sakit rujukan corona di Sulawesi Selatan (Sulsel).

Rumah sakit yang terletak di Jalan Jenderal Sudirman, Kecamatan Sinjai Utara ini, memiliki gedung isolasi dengan lima kamar khusus.

Hanya saja, Alat Pelindung Diri (APD) untuk tenaga medis di rumah sakit ini terbilang masih kurang.

Hal itu disampaikan oleh Direktur RSUD Sinjai, dr Amaluddin, saat dikonfirmasi Tribun Timur melalui panggilan telepon, Jumat (20/3/2020) sore.

"Termasuk kami juga kekurangan APD. Seharusnya, dalam satu hari, untuk semua petugas yang masuk dalam gedung isolasi semestinya 114 baju APD satu kali pakai. Sementara kita punya persediaan hanya 50, jadi seharipun tidak cukup sebenarnya," jelas dr Amaluddin.

Lebih jauh ia menjelaskan, RSUD Sinjai bukan hanya kekurangan APD saja, Virus Transfer Media (VTM) atau tabung kecil untuk menyimpan swab tenggorokan, juga terbilang sangat minim.

Padahal, alat tersebut wajib ada untuk dijadikan sampel menguji apakah seseorang positif terinveksi virus corona atau tidak.

Di RSUD Sinjai sendiri, jumlah VTM yang diberikan hanya sebanyak delapan buah.

Dari delapan itu, tiga diantaranya sudah digunakan, sehingga kini hanya tersisa lima buah.

"Kami juga kekurangan VTM. Waktu sosialisasi di Kemenkes, RSUD Sinjai hanya dikasi delapan. Sementara setiap pasien kalau mau didiagnosis harus dikirim ke Jakarta. Dan kami hanya delapan, sekarang ada yang dirawat tiga. Berarti tersisa lima," jelasnya.

Halaman
12
Penulis: Firki Arisandi
Editor: Sudirman
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved