Wisata Kuliner Bulukumba

Kapurung yang Kaya Gizi dan Vitamin, Ini Lokasi Warung Kapurung di Bulukumba

Ibu Lalla mengaku menggunakan sagu yang dikirim langsung dari Palopo kemudian dijadikan Kapurung. Sementara bahan sayur mayor dan bumbu lainnya bisa

Kapurung yang Kaya Gizi dan Vitamin, Ini Lokasi Warung Kapurung di Bulukumba
tribun timur/redo
hidangan kapurung warung pondok bambu/pondok pugalu bulukumba 

KAPURUNG adalah nama makanan khas masyarakat Luwu Raya di Sulawesi Selatan. Kuliner lokal ini dibuat dengan bahan utama berupa sagu. 

Hidangan ini umumnya disajikan dalam bentuk sup dan dicampur dengan sayur mayur. Kapurung biasa juga disebut Pugalu meskipun dari segi penyajian berbeda. 

Kapurung lebih akrab didengar dengan sebutan Kapurung Luwu atau Kapurung Palopo yang penyajian sagu dan sayurnya dihidangkan dalam satu wadah. 

hidangan kapurung pondok bambu bulukumba
hidangan kapurung pondok bambu bulukumba (tribun timur/redo)

Sementara istilah Pugalu yang lebih akrab di kalangan masyarakat Luwu Utara, sagu dengan sayur mayurnya dihidangkan dalam wadah terpisah. 

Karena makanan sup berbahan sagu ini juga menggunakan aneka sayur mayur dan bumbu rempah-rempah alami, maka Kapurung memiliki sejumlah kandungan gizi dan sumber vitamin yang sangat dibutuhkan bagi kesehatan dan imun tubuh. 

Berdasarkan artikel berjudul “Kapurung Si Pugalu” oleh Etti Miniarti di situs www.sarihusada.com menyebutkan kandungan zat gizi dalam satu porsi Kapurung yaitu energy 1488,9 kcal, protein 53,3 g. 

Fat 51,1 g, carbohydrat 209,4 g, dietary fiber 13.3 g, PUFA 16,2 g, cholesterol 46,0 mg, Vitamin A 307,6 mg, Vitamin B1 0,8 mg, Vitamin B2 0,3 mg, Vitamin B6 0,8 mg, Vitamin C 34,0 mg. 

Serta kandungan sodium, potassium, calcium, magnesium, phoporus, iron, dan zinc yang diperlukan dalam tubuh.     

Olehnya, satu porsi besar kapurung disebutkan dapat memenuhi lebih dari setengah jumlah kebutuhan energi setiap orang dewasa setiap hari. 

Nah, selain mudah ditemukan di daerah Luwu Raya maupun di Kota Makassar, ibu kota Sulsel, warung Kapurung juga tetap bisa ditemukan di daerah lain di Sulsel. 

Halaman
123
Penulis: Firki Arisandi
Editor: Ridwan Putra
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved