Pilkada Serentak 2020

ASN dan Kepala Daerah Dilarang Lakukan Ini Jelang Pilkada Serentak 2020

Nursari menjelaskan hal ini dimaksudkan dalam rangka menjaga penyelenggaraan Pilkada serentak 2020 berlangsung secara demokratis dan berkualitas.

ASN dan Kepala Daerah Dilarang Lakukan Ini Jelang Pilkada Serentak 2020
Abd Azis/Tribun Timur
Ketua Bawaslu Kota Makassar Nursari 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR -- Ketua Bawaslu Kota Makassar Nursari menegaskan bahwa aparatur sipil negara (ASN) di lingkup Pemkot Makassar dilarang melakukan pendekatan terhadap partai politik terkait rencana pengusulan dirinya atau orang lain sebagai bakal calon kepala daerah dan wakil kepala daerah.

Tak hanya itu kata Nusari, PNS juga dilarang memasang spanduk/baliho yang mempromosikan dirinya ataupun orang lain sebagai bakal cakada. "PNS juga dilarang mendeklarasikan diri sebagai bakal cakada," kata Nursari kepada Tribun, Senin (6/1).

Nursari menjelaskan hal ini dimaksudkan dalam rangka menjaga penyelenggaraan Pilkada serentak 2020 berlangsung secara demokratis dan berkualitas.

Wakil Bupati Pangkep, Syahban Sammana melantik lima camat dan empat lurah di Ruang Pola Kantor Bupati Pangkep, Kecamatan Pangkajene Kabupaten Pangkep, Sulsel, Senin (6/1/2020).
Wakil Bupati Pangkep, Syahban Sammana melantik lima camat dan empat lurah di Ruang Pola Kantor Bupati Pangkep, Kecamatan Pangkajene Kabupaten Pangkep, Sulsel, Senin (6/1/2020). (Munji/Tribun Pangkep)

"Bahwa karena jabatan dan kode etik yang melekat padanya, Pegawai Aparatur Sipil Negara harus terbebas dari politik praktis serta kepentingan politik semua golongan maupun partai politik," jelasnya.(*)

Larangan ASN dan kepala daerah di Pilkada serentak 2020:
1. Undang-undang nomor 5/2014 tentang ASN.
2. Undang-undang nomor 10/2016 tentang pemilihan gubernur, bupati, dan wali kota
3. Peraturan pemerintah nomor 53/2010 tentang Disiplin PNS.
4. Peraturan pemerintah nomor 42/2004 tentang pembinaan jiwa korps dan kode etik PNS.

Langganan berita pilihan tribun-timur.com di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribuntimur

Follow Instagram Tribun Timur

Subscribe akun Youtube Tribun Timur

 

Penulis: Abdul Azis
Editor: Syamsul Bahri
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved