UMI

Ketua Program Studi di UMI Dilatih Menjadi Khatib dan Imam Rawatib

Pelatihan diadakan di ruang senat lantai I Masjid Umar Bin Khattab Kampus II UMI, Jl Urip Sumoharjo, Makassar, (3/12/2019).

Ketua Program Studi di UMI Dilatih Menjadi Khatib dan Imam Rawatib
Ist
UMI Melatih Ketua Program Studi menjadi khatib dan imam rawatib untuk memberikan bekal kepada para pimpinan UMI, khususnya Ka.prodi setiap fakultas agar bisa berkhutbah Jum'at dan menjadi imam. 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Universitas Muslim Indonesia (UMI) melatih ketua Program Studi (Prodi) menjadi khatib dan imam rawatib.

Pelatihan diadakan di ruang senat lantai I Masjid Umar Bin Khattab Kampus II UMI, Jl Urip Sumoharjo, Makassar, (3/12/2019).

Hadir Wakil Rektor IV UMI KH M Zein Irwanto S M A, Ketua UPT.Pengembangan Karakter dan Dakwah UMI Dr M Ishaq Shamad, serta 50 peserta.

Wakil Rektor 4 UMI KH M Zein Irwanto menyampaikan, UMI sebagai lembaga pendidikan dakwah.

Karena itu, semua sivitas akademika UMI diharapkan bisa berbuat kebaikan melalui khutbah dan dakwah.

"Hal ini penting karena UMI berkeinginan menjadi perguruan tinggi yang masyhur di dunia, sehingga cita-cita UMI melahirkan sarjana yang berilmu amaliah, beramal ilmiah, dan berakhlaqul kariymah, adaptif, inovatif, kreatif," papar Zein Irwanto.

Misalnya menyampaikan ayat tentang Iqra.

Membaca ayat, bukan hanya menyangkut ayat Alquran, tetapi juga menyangkut berbagai disiplin ilmu yang digeluti.

Bahkan pada diri manusia terdapat ayat, misalnya jika beda pendapat, ini sebagai rahmat.

"Di era teknologi sekarang ini, semua da'i bisa menjelaskan agama sesuai dengan disiplin ilmunya masing-masing. Diharapkan peserta menjadi khatib yang menjelaskan disiplin ilmunya, kemudian dikaitkan dengan ayat dan ajaran Islam," harapnya.

Halaman
12
Penulis: Wahyu Susanto
Editor: Sudirman
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved