Punggawa dan Punggawi KKS Mesir

Almukarram Anregurutta Prof Dr HM Faried Wadjedy MA adalah Punggawa pertama KKS Mesir. Beliau menjabat Ketua KKS Mesir dari tahun 1977 hingga 1985.

Punggawa dan Punggawi KKS Mesir
dok.tribun
AGH Faried Wadjedy dan Prof Dr Hj Huzaemah Tauhid Yanggo MA (70) 

Andi Muh Akmal
Peserta Daurah Dai dan Aimmah utusan LD PBNU di Al Azhar Mesir/Dosen UIN Alauddin Makassar Dpk UIM dan Alumni Pontren DDI Mangkoso
Melaporkan dari Mesir

TRIBUN-TIMUR.COM, KAIRO - “Saya diberi gelar Punggawi oleh UstAD Faried Wadjedy (Anre Gurutta Prof Dr M Faried Wadjedy MA), dalam kepengurusan KKS (Kerukunan Keluarga Sulawesi) kala studi di Azhar Mesir (1977-1984),” kata Almukarramah Prof Dr Hj Huzaemah Tauhid Yanggo MA(70).

Pernyataan itu disampaikan Prof Huzaemah dalam Acara Tudang Sipulung dan Silaturrahim Pengurus, Anggota, dan Masisir KKS Mesir di Baruga KKS /Sekretariat KKS Kairo, Mesir, , Selasa (15/10/2019) malam.

Istilah Punggawa dalam Bahasa Daerah Bugis-Makassar dapat dipahami sebagai 'Pemimpin, Kepala, Ketua, atau Bos".

Istilah tersebut melekat juga dalam kepengurusan KKS Mesir. Bahwa siapa yang jadi Ketua Pengurus KKS Mesir, maka dialah Punggawa.

Nah, Punggawa Pertama, adalah Almukarram Anregurutta Prof Dr HM Faried Wadjedy MA, Pimpinan Pondok Pesantren DDI Mangkoso, Kabupaten Barru, Sulsel, karena beliau adalah Ketua Pertama KKS Mesir, yang didirikan tahun 1977.

Almukarram Anregurutta Prof Dr HM Faried Wadjedy MA menjabat Ketua KKS Mesir dari tahun 1977 hingga 1985.

Ustadzah Huzaemah tiba di Mesir tahun 1977, saat KKS didirikan. Beliau, alumni Pontren Al Khairat Palu, Sulawesi Tengan (Sulteng). Ijazah S1nya Muadalah dengan Universitas Al Azhar, sehingga diakui dan bisa langsung masuk S2 Al Azhar.

Ustadzah Huzaemah kuliah di Mesir hingga jenjang S3 bidang Fiqh Muqaran (Perbandingan Mazhab) yang diselesaikan tahun 1984.

Kegigihan dan keuletan Almukarramah Ustadzah Huzaemah sudah teruji. Dalam waktu tujuh tahun saja, dapat selesaikan S2 dan S3 di Universitas Al Azhar. Wajar dan pantaslah disebut "Punggawi".

Halaman
12
Editor: AS Kambie
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved