PESONA DESA

Patut Dicontoh, Desa Mattiro Matae Pangkep Kembangkan Kebun Desa di Pulau

Kebun Desa ini dikembangkan di delapan RT dengan variasi bibit sayur yang beragam tepatnya di Desa Mattiro Matae, Kecamatan Liukang Tupabbiring, Kabup

Patut Dicontoh, Desa Mattiro Matae Pangkep Kembangkan Kebun Desa di Pulau
Syamsinar
Ketua PKK Desa Mattiro Matae, Syamsinar bersama warganya mengembangkan Kebun Desa di Desa Mattiro Matae, Kecamatan Liukang Tupabbiring, Kabupaten Pangkep, Sulsel, Rabu (1/10/2019). 

TRIBUNPANGKEP.COM, LIUKANG TUPABBIRING - Kepala Desa Mattiro Matae, Rizal Idris bersama istri yang juga Ketua PKK Desa Mattiro Matae, Syamsinar mengembangkan Kebun Desa di wilayah kepulauan.

Kebun Desa ini dikembangkan di delapan RT dengan variasi bibit sayur yang beragam tepatnya di Desa Mattiro Matae, Kecamatan Liukang Tupabbiring, Kabupaten Pangkep, Sulsel.

Satu Rumah Ludes Dilalap Api di Jeneponto, Kerugian Ditaksir Rp 75 Juta

Maksud Mahfud MD Sebut Mahasiswa Beda Gerakan Lain Saat Jokowi Singgung Isu Demo Gagalkan Pelantikan

Kronologi 2 Wanita Perkosa Tukang Service HP, Video Pemerkosaan Jadi Bukti, Caranya Tipu si Pria

Ilham A Gazaling Pindah Kantor di PPTP2A Sulsel, Berikut Catatan Karirnya

Berstatus Tersangka, Nasib Guru Cium Pipi Siswinya di Wajo Terancam Dipecat

"Ada bibit sayur bayam, kangkung, kacang panjang, labu, sawi, tomat, cabai rawit dan sereh dan jenis lainnya," kata Risal kepada TribunPangkep.com, Selasa (1/10/2019).

Rizal menyebut, Kebun Desa ini sangat membantu kebutuhan sayur mayur dari setiap RT di Desa Mattiro Matae.

"Minimal warga saya tidak perlu lagi membeli sayur keluar pulau, apalagi membeli sayur ke Pasar Pangkajene dengan menaiki kapal. Minimal kebutuhan sayur mereka untuk saat ini terpenuhi dengan Kebun Desa," ujarnya.

Rizal mengaku, Kebun Desa ini sudah berjalan 3 bulan dan sudah bisa memenuhi kebutuhan sayur untuk 1 RT di desanya.

Ketua PKK Desa Mattiro Matae, Syamsinar bersama warganya mengembangkan Kebun Desa di Desa Mattiro Matae, Kecamatan Liukang Tupabbiring, Kabupaten Pangkep, Sulsel, Rabu (1/10/2019).
Ketua PKK Desa Mattiro Matae, Syamsinar bersama warganya mengembangkan Kebun Desa di Desa Mattiro Matae, Kecamatan Liukang Tupabbiring, Kabupaten Pangkep, Sulsel, Rabu (1/10/2019). (Syamsinar)

"Alhamdulillah, mereka antusias menanam, merawat kebun sayur agar kebutuhan sayur terpenuhi. Jadi kalau suami pulang melaut, bisa langsung petik sayur di kebun, dan buat cabai itu kan vitamin di sayur lebih banyak dan lebih segar," ungkapnya.

Saat ini, kata Risal warganya sementara ujicoba untuk pupuk kompos agar sayur mayur mereka dapat tumbuh lebih subur.

"Kita sementara ujicoba untuk pupuk komposnya dan semoga Kebun Desa ini dapat terus bertahan memenuhi kebutuhan sayur di Desa Mattiro Matae," jelasnya. (*)

PMII Salat Gaib Bareng Polisi di Polres Pangkep

Halaman
123
Penulis: Munjiyah Dirga Ghazali
Editor: Syamsul Bahri
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved