G30SPKI

G30SPKI - Bertahun-tahun Tayang di Era Soeharto Namun Fakta Besar Ini Tak Terungkap di Film G30S/PKI

Puluhan tahun Film G30S/PKI tayang ternyata ada fakta besar yang tidak diungkap di film, simak selengkapnya

net
Film G30SPKI 

TRIBUN-TIMUR.COM - Puluhan tahun Film G30S/PKI tayang ternyata ada fakta besar yang tidak diungkap di film, simak selengkapnya

Generasi yang lahir sebelum Orde Baru tumbang pasti akrab dengan Film G30S/PKI.

Selama sepuluh tahun, tiap 30 September proses ideologisasi lewat film G30S/PKI selalu tayang di stasiun TVRI.

Namun beberapa waktu lalu, mantan Ketua Umum Pengurus Pusat Muhammadiyah, Prof  Din Syamsuddin menilai pemutaran kembali film G30S/PKI yang beberapa tahun terakhir ini vakum, sangat wajar dan penting dilakukan oleh pemerintah.

"Saya kira sangat wajar dan penting pemutaran film G30S/PKI ini agar bangsa ini tidak melupakan sejarah," kata Din Syamsuddin di sela pembukaan Muhammadiyah Education Awards di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Dome di Malang, Jawa Timur, Sabtu (23/9/2017), dikutip dari Antara.

Menurut Din, pemutaran film tersebut merupakan bagian dari penyadaran bangsa Indonesia, khususnya generasi muda saat ini.

Beberapa tahun silam pernah terjadi fakta sejarah bahwa ada pemberontakan yang dilakukan oleh PKI terhadap pemerintahan yang sah.

"Itu fakta sejarah yang perlu diketahui dan menjadi pelajaran bagi kita ke depan, bahwa PKI pernah melakukan pemberontakan. Hanya saja, dalam film tersebut masih ada beberapa yang harus diperbarui kembali karena masih belum lengkap, ada beberapa fakta yang tidak diungkap sama sekali dalam film tersebut, padahal perannya sangat besar," ujarnya.

Baca: G 30 S PKI - Mengenal Tjakrabirawa atau Cakrabirawa yang Tangkap dan Bunuh 7 Jenderal di G30S/PKI

Menurut dia, fakta sejarah yang belum diungkap dalam film tersebut adalah peran besar para kiai dan ulama dalam memerangi PKI.

Halaman
1234
Editor: Mansur AM
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved