Komunitas Gusdurian Barru Gelar Diskusi Santai II, Bahas Demokrasi dan Disintegrasi

Yakni, Ketua STIA Algazali Barru, Kamaruddin Hasan sebagai narasumber pertama dan pimpinan madrasah i'dadiayah DDI Mangkoso, Muhammad Agus.

Komunitas Gusdurian Barru Gelar Diskusi Santai II, Bahas Demokrasi dan Disintegrasi
Koordinator Gusdurian Barru, Suryadi
Suasana diskusi santai komunitas Gusdurian Barru di halaman studio foto Wecudai di Jl Asoka, Kecamatan Barru, Kabupaten Barru, Rabu (26/6/2019). 

TRIBUNBARRU. COM, BARRU - Komunitas Gusdurian Barru menggelar diskusi santai atau Diksi di halaman studio foto Wecudai di Jl Asoka, Kecamatan Barru, Kabupaten Barru.

Diksi II ini mengangkat tema demokrasi dan masalah disintegrasi pasca Pemilu.

Menang 2-1 atas Becamex, PSM Tetap Gagal ke Final Piala AFC

12 Bule Berguru Seni Budaya di Bulukumba

Gusdurian menghadirkan dua narasumber dihadirkan dalam kegiatan tersebut.

Yakni, Ketua STIA Algazali Barru, Kamaruddin Hasan sebagai narasumber pertama dan pimpinan madrasah i'dadiayah DDI Mangkoso, Muhammad Agus, sebagai narasumber kedua.

Dalam kegiatan ini, Kamaruddin Hasan mengulas tentang demokrasi.

Dia menjelaskan, bahwa demokrasi adalah kontroversi tapi apabila dikelola dengan baik akan melahirkan integrasi bukan disintegrasi.

"Namun demikian, di satu sisi masyarakat kita belum berbasis pada pengetahuan tapi berbasis liberalis-kapitalis," ujar Kamaruddin Hasan, dalam rilis yang diterima TribunBarru.com, Rabu (26/6/2019).

Oleh karenanya, menurut dosen UNM itu, dalam menguatkan demokrasi harus melalui beberapa persyaratan.

Antaralain penguatan regulasi yang mengatur demokrasi, posedur-prosedur dalam rangka mencapai demokrasi dan kulturql demokrasi yang harus dibangun dengan baik.

"Karena sejatinya, demokrasi bukan hanya urusan membangun partai politik tapi tentang kesiapan kalah dan menang dalam sebuah kontestasi demokrasi," jelasnya.

Halaman
123
Penulis: Akbar
Editor: Syamsul Bahri
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved