Tim Monev Kemendes RI Datangi Pemkab Tana Toraja dan Toraja Utara

Tim ini turut dihadiri Tenaga Ahli Managemen Data Regional 5 KN-P3MD Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi

Tim Monev Kemendes RI Datangi Pemkab Tana Toraja dan Toraja Utara
Humas Kemendes RI
Suasana rapat monev tim Kemendes bersama Pemda Toraja dn Toraja Utara. 
TRIBUN-TIMUR.COM,MAKASSAR - Tim Monitoring dan Evaluasi (Monev) Konsultan Nasional-Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (KN-P3MD) memonitor Kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utar.
Monev tersebut telah berlangsung pada 12-16 Juni 2019.

Tim ini turut dihadiri Tenaga Ahli Managemen Data Regional 5 KN-P3MD Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Choiril Akbar serta Rido.

Choiril mengatakan sesuai kebijakan Ditjen Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (PPMD), mengatakan bahwa hasil monev secara umum telah berjalan lancar.

Dosen UNM Makassar Lakukan Pembelajaran E-learning di Jeneponto, Ini Tujuannya

 TRIBUNWIKI: Unggah Semangat untuk Agung Hercules di Instagram, Siapa Jeremy Teti?

 
"Pihak Pemda sangat responsif sehingga di sisa waktu dua minggu ini dinilai masih dapat terkejar sesuai target penyaluran yang diamanatkan oleh PMK Nomor 193 Tahun 2018, yakni minggu keempat Bulan Juni ini," katanya via rilis ke tribun-timur.com, Selasa (18/6/2019).

Choiril yang didampingi Tenaga Ahli Provinsi Sulawesi Selatan, Adi dan Supriyadi Dodi mengatakan, dari 21 Kabupaten yang ada di Provinsi Sulawesi Selatan.
Persyaratan penyaluran Dana Desa Tahap II TA 2019 sebagaimana tertuang dalam Pasal 21 ayat 1 jo ayat 5 PMK 193/2018.
"Pendamping Desa di semua level siap fasilitasi dan membantu Pemerintah demi percepatan penyaluran Dana Desa tahap II yang menjadi hak masyarakat Desa," ujarnya. 

Terkait hasil monev di Kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara, persyaratan pengajuan pencairan DD 2019 tahap II (40%) dari RKUN ke RKUD sudah lengkap.
Saat ini menunggu surat dari Bupati setempat dan dokumen terkait pencairan DD 2019 tahap II 40% diajukan ke KPPN.

Sementara itu, menurut Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Lembang Marida Bungin, mengatakan, proses pengajuan dan dokumen persyaratan untuk pencairan Dana Desa tahap II tahun 2019 dari RKUN ke RKUD dijadwalkan, Senin kemarin.
"Kami optimis Dana Desa Tahap II di Kabupaten Tana Toraja dapat disalurkan di minggu keempat  Juni 2019 sesuai amanat PMK Nomor 193 Tahun 2018," katanya.

Chaidir Syam Temui Birokrat Maros di Bantimurung, Ini yang Dibahas

 AKBP Shinto Apresiasi Bakti Bhayangkari KB Gowa


Sementara, Sekretaris Daerah Toraja Utara Rede Roni Barr, mengatakan, proses input Laporan ke OM Span sudah hampir selesai dan dijadwalkan di minggu keempat bulan Juni 2019 juga dapat disalurkan ke rekening Kas Umum Daerah.

Selain melakukan monev kegiatan tersebut, Choiril Akbar menghadiri acara Rapat Koordinasi dengan seluruh Pendamping Desa di Kabupaten Toraja Utara.
Dilanjutkan menghadiri Rapat Koordinasi Tim Inovasi Kabupaten (TIK) Program Inovasi Desa.
Juga memberikan penguatan dan pengendalian terhadap Tenaga Pendamping Profesional (TPP) dan Tim Pengelola Inovasi Desa (TPID) di Hotel Sahid Tana Toraja. 

"Ini penting dilakukan terus menerus agar eksistensi dan profesionalisme Tenaga Ahli Profesional meningkat sesuai harapan bersama," katanya.


Laporan wartawan tribun-timur.com, Saldy
 

Langganan Berita Pilihan 

tribun-timur.com di Whatsapp 

Via Tautan Ini http://bit.ly/watribuntimur

Dapatkan news video terbaru di kanal YouTube Tribun Timur:

Follow juga akun Instagram tribun-timur.com:

Penulis: Saldy Irawan
Editor: Ansar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved