Inspektorat Luwu Timur Terima Sertifikat Level Kapabilitas 3 APIP

Arman Sahri Harahap mengapresiasi kinerja aparat pengawasan Inspektorat Luwu Timur yang sudah mendapat apresiasi

Inspektorat Luwu Timur Terima Sertifikat Level Kapabilitas 3 APIP
Humas Luwu Timur
Inspektorat Luwu Timur menerima sertifikat level 3 kapabilitas Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Sulawesi Selatan (Sulsel). 

TRIBUNLUTIM.COM, MALILI - Inspektorat Luwu Timur menerima sertifikat level 3 kapabilitas Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Sulawesi Selatan (Sulsel).

Kepala BPKP Sulsel, Arman Sahri Harahap yang menyerahkan sertifikat itu kepada Bupati Luwu Timur, Thorig Husler, di rumah jabatan bupati, Desa Puncak Indah, Kecamatan Malili, Kamis (13/6/2019).

Arman Sahri Harahap mengapresiasi kinerja aparat pengawasan Inspektorat Luwu Timur yang sudah mendapat apresiasi level 3 tanpa adanya pengecekan lagi.

"Saya bangga di Provinsi Sulawesi Selatan ada tiga kabupaten yang meraih sertifikat level 3 kapabilitas APIP," kata Arman.

"Kabupaten Sidrap, Gowa dan Luwu Timur (meraih sertifikat)," imbuh Arman Sahri.

Inspektorat Luwu Timur kata dia sudah bisa dijadikan sebagai tempat rujukan untuk meminta saran dan masukan terkait transparansi dan akuntabilitas pengelolaan program dan kegiatan, termasuk pengelolaan keuangan yang dilaksanakan pemerintah daerah.

"Luwu Timur bisa dijadikan daerah tempat studi pemerintah daerah lainnya tentang model pengawasan dan penerapannya," jelasnya.

Bupati Luwu Timur, Thorig Husler mengatakan, sertifikat yang diraih Inspektorat Luwu Timur bukanlah upaya yang instan atau "simsalabim".

Menurutnya, keberhasilan itu melalui proses yang dilakukan dengan dukungan pendampingan sehingga daerah ini mendapat sertifikat level 3 kapabilitas APIP.

"Saya mewakili pemerintah dan masyarakat terima kasih BPKP Sulawesi dalam rangka peningkatan efektifitas kinerja Pemkab Luwu Timur terkait prestasi yang kita peroleh," jelasnya.

Ia juga mengapresiasi jajarannya atas Opini Wajar Tanpa Pengecualian atau WTP selama tiga tahun berturut-turut. Secara keseluruhan sudah meraih tujuh kali WTP sejak dimekarkan 2003 lalu.

Hadir Wakil Bupati Luwu Timur, Irwan Bachri Syam, Sekretaris Daerah Bahri Suli, dan Plt Kepala Inspektorat Salam Latief.

Laporan Wartawan TribunLutim.com, vanbo19

Penulis: Ivan Ismar
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved