Polemik Tenaga Sukarela, Begini Penjelasan Direktur RSUD Polman

Direktur RSUD Polman, Syamsiah menjelaskan, pemberhentian Sahida itu terkait pelanggaran etika berat.

Polemik Tenaga Sukarela, Begini Penjelasan Direktur RSUD Polman
edy jawi/tribunpolman.com
Direktur RSUD Polman, Syamsiah menemui demonstran di depan gedung RSUD Polman, Selasa (26/3/2019) 

TRIBUN-TIMUR.COM, POLMAN - Kebijakan RSUD Polewali Mandar (Polman) memberhentikan Sahida, perawat sukarela yang telah bekerja selama 13 tahun menuai sorotan keras.

Hal itu memicu aksi demonstrasi yang dilakukan oleh Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) dan Aliansi Masyarakat Polman Bersatu (AMPB).

Kedua lembaga itu juga menyoroti rekruitmen tenaga sukarela di RSUD Polman yang disyaratkan tanpa upah. Sementara di fasilitas kesehatan itu masih terdapat pula 400 lebih tenaga sukarela yang tak mendapat upah selama bekerja.

Direktur RSUD Polman, Syamsiah menjelaskan, pemberhentian Sahida itu terkait pelanggaran etika berat.

Kata Syamsiah, tahun lalu Sahida saat pertemuan di RSUD Polman, Sahida melakukan pelanggaran etika. Ia memukul meja dan berkata tidak senonoh di hadapan direktur saat pertemuan di RSUD Polman, 2018 lalu.

Bukan itu saja, sambil marah Sahida saat itu juga maju mendekati direktur pada saat forum rapat yang sama. Bahkan sambil menunjuk-nunjuk ke arah Direktur RSUD Polman.

"Dia maju kedepan saya seakan mau memukul, saya itu diam saja karena saya berpikir mungkin dalam keadaan emosi," beber Syamsiah, Selasa (26/3/2019).

Atas kejadian tersebut, manajemen rumah sakit, komite perawan dan Rina audit satu pengawas internal mengusulkan pemberhentian Sahida.

"Menyatakan bahwa itu dia melanggar etika, bukan sesama profesi tapi antar profesi, tindakan etika berat, jadi dia serahkan kesimpulan ke saya," katanya.

Meski begitu, Syamsiah mengaku tak langsung merespon usulan tersebut. Namun dua pekan lalu, akhirnya Syamsiah memutuskan untuk memberhentikan Sahida.

Halaman
12
Penulis: edyatma jawi
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved