Tinjau MNP, Menteri Perhubungan Minta Pelindo IV Persingkat Waktu Antrean

Dalam lawatannya, Budi Karya banyak mendengar penjelasan terkait progres pembangunan Makassar New Port yang dipaparkan Farid Padang.

Tinjau MNP, Menteri Perhubungan Minta Pelindo IV Persingkat Waktu Antrean
abdiwan/tribuntimur.com
Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero), Farid Padang memberikan penjelasan kepada Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi , Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdulah, Kepala Kantor Kesyahbandaran Utama Makassar Victor Vikki Subroto, dan Kepala Otoritas Pelabuhan Makassar Rahmatullah saat meninjau Makassar New Port (MNP) di Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (20/3/19). 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, meninjau proyek pembangunan Makassar New Port, Kelurahan Kaluku Bodoa, Kecamatan Tallo, Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (20/3/2019) siang.

Kehadiran Budi Karya Sumadi menggunakan helikopter disambut Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah dan Dirut Pelindo IV Farid Padang.

Dalam lawatannya, Budi Karya banyak mendengar penjelasan terkait progres pembangunan Makassar New Port yang dipaparkan Farid Padang.

Menurut Farid Padang dalam paparannya, saat ini progres pembangunan Makassar New Port telah mencapai luas 51 hektar dari total 116 hektar untuk tahap I.

"Panjang 320 (meter) kita bisa buat 362 (meter) untuk optimalisasi, lebar 27 meter. Posisi sampai sekarang sekita 46 sampai 47 kapal," ujar Farid Padang menjelaskan tentang progres dermaga atau sandar kapal di Makassar New Port.

Untuk kapal-kapal domestik yang sandar di dermaga Makassar New Port, menurut Farid Padang mulai mengalami peningkatan.

"Sekarang peminta domestik untuk sandar disini banyak. Mulai dari Temas Bul, Meratus. Untuk itu kita masih dengan izin sementara, tapi surat permohonan untuk persetujuan permanen sudah disampaikan," ungkap Farid.

Panjang jalan dari ruas Jl Sultan Abdullah Raya, menuju dermaga Makassar New Port mencapai 2.500 meter dengan kondisi cor.

Usai melakukan pemantauan di sekitar dermaga, Budi Karya yang ditemui sejumlah awak media mengungkapkan, dengan hadirnya Makassar New Port, Sulsel saat ini mengalami pertumbuhan yang sangat pesat.

"Kita lihat bagaimana Sulawesi Selatan, Makassar, tumbuh dalam pesat. Saya kaget tadi pak gubernur (Nurdin Abdullah) menyatakan bahwa tadinya 700 ribu TeUS, sekarang lebih dari 1 juta (TeUS), jadi Makassar bisa sama seperti di Surabaya," kata Budi Karya Sumardi.

Halaman
12
Penulis: Muslimin Emba
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved