DPRD Setujui 6 Ranperda, Bupati Luwu Timur: Wanua Mappatuo Na Ewai Alena

Itu terungkap dalam rapat paripurna penandatanganan persetujuan bersama Ranperda tahap I tahun sidang 2017 dan tahap II tahun sidang 2018.

DPRD Setujui 6 Ranperda, Bupati Luwu Timur: Wanua Mappatuo Na Ewai Alena
Humas Luwu Timur.
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dan DPRD Luwu Timur menyetujui enam buah rancangan peraturan daerah (Ranperda), Rabu (19/12/2018). 

Laporan Wartawan TribunLutim.com, Ivan Ismar

TRIBUNLUTIM.COM, MALILI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dan DPRD Luwu Timur menyetujui enam buah rancangan peraturan daerah (Ranperda), Rabu (19/12/2018).

Itu terungkap dalam rapat paripurna penandatanganan persetujuan bersama Ranperda tahap I tahun sidang 2017 dan tahap II tahun sidang 2018.

Sekaligus pendapat akhir kepala daerah terhadap Ranperda tahap I tahun sidang 2017 dan tahap II tahun sidang 2018.

Dalam sidang dirangkaikan dengan persetujuan bersama program pembentukan peraturan daerah tahun 2019 di Ruang Paripurna DPRD Luwu Timur.

Ada lima buah Ranperda inisiatif Pemkab Luwu Timur yaitu retribusi pelayanan kesehatan, pemberian air susu ibu eksklusif, penyelenggaraan pelayanan kesehatan.

Selain itu, Ranperda tentang penyelenggaraan dan retribusi tera/tera ulang, Ranperda pengelolaan perpustakaan daerah.

Sementara Ranperda inisiatif DPRD Luwu Timur tentang pemberdayaan nelayan kecil dan pembudidaya ikan kecil.

Bupati Luwu Timur, Thorig Husler mengatakan persetujuan bersama adalah cerminan DPRD dan pemkab untuk menghasilkan peraturan daerah yang baik dan berkualitas.

"OPD pengusul atau yang terkait segera menyusun aturan penjabaran dari Perda dimaksud, sehingga hal teknis dapat dilaksanakan," kata Husler.

"Penyusunan aturan penjabaran tentunya tidak boleh bertentangan dengan kepentingan umum dan peraturan UU yang lebih tinggi," imbuh Husler.

Husler berharap pelaksanaan peraturan daerah berdampak secara optimal dan maksimal sebagai upaya mewujudkan pemerintahan dan pelaksanaan pembangunan.

"Wanua mappatuo na ewai alena yang maju mandiri dan sejahtera, serta Insya Allah akan terkemuka pada tahun 2021, Aamiin," harap Husler.

Penulis: Ivan Ismar
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved