Breaking News:

Tribun Opini

Pendidikan Pra Sekolah

Kenapa harus dimulai dari pendidikan pra sekolah karena pendidikan pra sekolah adalah pendidikan yang diperuntukkan untuk anak

Pendidikan Pra Sekolah
Dwi Surti Junida

Menjamurnya berbagai persoalan sosial seperti kemiskinan, kesenjangan sosial, tawuran antarpelajar, terorisme, korupsi dan beragam masalah sosial lainnya, menurut hemat saya salah satu yang menjadi penyebabnya menyangkut kepribadian masyarakat kita.

Kepribadian yang sudah bergeser dari norma-norma dan nilai yang luhur dari bangsa kita. Sekalipun kajian-kajian perubahan sosial menganggap terjadinya pergeseran nilai adalah hal yang lumrah terjadi mengingat bagian dari dinamika sosial, namun saya mengangap berbagai informasi perihal adanya masalah sosial disebabkan salah satunya menyangkut persoalan pembentukan karakter individu sejak masih kecil atau pra sekolah.

Kenapa harus dimulai dari pendidikan pra sekolah karena pendidikan pra sekolah adalah pendidikan yang diperuntukkan untuk anak dalam mengembangkan tingkat kecerdasan dan mental baik secara fisik maupun rohani, serta membentuk karakter seseorang agar bisa mengatur perasaan emosi, punya jiwa sosial yang tinggi.

Sehingga ketika seorang anak masuk pada tingkat pendidikan dasar pertama, anak-anak bisa menyelesaikan masalah yang dihadapi dengan lebih mandiri. Karakter ini dapat terbentuk yang berpegaruh terhadap perannya di tengah-tengah masyarakat kelak.

Pola pendidikan yang diberikan kepadanya akan berpengaruh besar terhadap tumbuh kembangnya sebagai individu sebagai bagian dari anggota masyarakat. Tentu, tidak hanya berperan sebagai pewaris dan penerus saja dalam keluarga, melainkan mampu berkompetisi sebagai bagian dari bangsa.

Nilai budaya

Perilaku individu tidaklah terbentuk dengan sendirinya, melainkan perilaku dari tiap individu diperoleh dari hasil proses belajar. Setelah dipelajari dan dipraktikkan dalam menjalani kehidupan sehari-hari, kemudian ada keinginan individu untuk mewariskannya kepada generasi berikutnya.

Anak adalah generasi penerus suatu bangsa yang memiliki hak dalam memeroleh warisan berbagai nilai dalam masyarakatnya. Anak juga memiliki hak untuk membangun bangsa dan negaranya sebagai bagian dalam masyarakat.

Banyak tumbuh-kembang anak-anak dibentuk dari lingkungan bermain mereka, keberadaan orangtua amatlah sedikit disebabkan kesibukan di luar rumah.Tuntutan pekerjaan membuat anak-anak mereka terbiasa belajar di luar rumah ketimbang yang didapatkannya di dalam rumah melalui keluarga.

Pengembangan sosial anak sangatlah bergantung atau berpengaruh terhadap pembinaan yang ditransferkan melalui proses perilaku dan bimbingan orangtua kepada anak-anak mereka. Dalam hal ini mengenal berbagai aspek kehidupan sosial atau norma-norma yang berlaku di masyarakat melalui pembelajaran diusia dini atau pra sekolah.

Halaman
123
Editor: Anita Kusuma Wardana
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved