Tim Sukses Caleg di Luwu Timur Dilaporkan ke Bawaslu Gegara Diduga Bagi-bagi Uang

Dalam laporan tersebut, Aswin melaporkan Harlius Langgede. Harlius diduga tim sukses Ober Datte yang membagikan uang ke calon pemilih saat itu.

Tim Sukses Caleg di Luwu Timur Dilaporkan ke Bawaslu Gegara Diduga Bagi-bagi Uang
ivan/tribunlutim.com
Bupati Luwu Timur, Thorig Husler dalam sosialisasi pengawasan Bawaslu Luwu Timur di Ruang Serba Guna, Hotel Sikumbang, Kecamatan Tomoni, Sulawesi Selatan (Sulsel), Kamis (27/9/2018). 

TRIBUNLUTIM.COM, MALILI - Calon legislatif (caleg) dari PDIP bernama Ober Datte diduga melakukan praktek politik uang atau money politic pada Pemilu 2019.

Ober Datte adalah caleg Dapil IV Nuha, Towuti dan Wasuponda yang terpilih dengan meraup 4.000 suara. Ia hampir pasti mengamankan satu kursi di DPRD Luwu Timur.

TRIBUNWIKI: Empat Tempat Nongkrong di Jl Rusa Makassar, dari Kopi Sampai Es Krim

Rina Nose Dulu Dihujat Lepas Hijab,Kini Kembali Bikin Geger Skandal Video Kelewat Mesra Bareng Pacar

Aswin Lakinende yang melaporkan praktek dugaan money politic tersebut ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Luwu Timur pada Senin 15 April 2019.

Dalam laporan tersebut, Aswin melaporkan Harlius Langgede. Harlius diduga tim sukses Ober Datte yang membagikan uang ke calon pemilih saat itu.

Harlius membagikan amplop berisi Rp 500 ribu di rumah Alfius yang melaksanakan syukuran di Dusun Koropansu, Desa Parumpanai, Kecamatan Wasuponda, Sabtu 13 April 2019 siang.

Kebetulan, adik Aswin bernama Aldrin yang juga diberi amplop oleh Harlius. Usai Aldrin diberi amplop, Harlius langsung pergi.

"Harlius ini timmnya Ober Datte. Iya memang. Keluarga ji juga sebenarnya," kata pelapor, Aswin kepada wartawan, Selasa (14/5/2019).

"Dia (Aldrin) dikasih uang sementara masak daging. Dan (Harlius) langsung pergi. Begitu pengakuan adik saya," imbuhnya.

Bupati Luwu Timur, Thorig Husler dalam sosialisasi pengawasan Bawaslu Luwu Timur di Ruang Serba Guna, Hotel Sikumbang, Kecamatan Tomoni, Sulawesi Selatan (Sulsel), Kamis (27/9/2018).
Bupati Luwu Timur, Thorig Husler dalam sosialisasi pengawasan Bawaslu Luwu Timur di Ruang Serba Guna, Hotel Sikumbang, Kecamatan Tomoni, Sulawesi Selatan (Sulsel), Kamis (27/9/2018). (ivan/tribunlutim.com)

Menurut, Aldrin kepada Aswin, banyak amplop yang dibawa Harlius. Aldrin juga mengetahui Harlius adalah tim dari Ober Datte.

Beberapa hari berselang, ada perempuan dikenal dengan Mama Wayan bertanya kepada orang tua Aswin bernama Jhon Lakinende.

Halaman
12
Penulis: Ivan Ismar
Editor: Syamsul Bahri
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved