Ciptakan Lingkungan Bersih, Wakil Bupati Enrekang Gagas Program Jumpa Darling

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Enrekang tengah berupaya agar wilayah perkotaan sejuk tanpa polusi.

Ciptakan Lingkungan Bersih, Wakil Bupati Enrekang Gagas Program Jumpa Darling
Foto by Asman
Kegiatan program Jumpa Darling (Jumat Pagi Peduli Lingkungan) yang dilakukan oleh para OPD di sekitar area Sungai Saddang, Enrekang. 

TRIBUNENREKANG.COM, ENREKANG -  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Enrekang tengah berupaya agar wilayah perkotaan sejuk tanpa polusi.

Untuk itu salah satu langkah yang dilakukan adalah menyiapkan area yang bebas polusi tanpa kendaraan atau car free day setiap pekan.

Lokasi Car Free Day yang ditetapkan adalah di sepanjang Jalan sekitar Sungai Sandang (Swiss), Kelurahan Juppandang, Kecamatan Enrekang, Kabupaten Enrekang.

Baca: VIDEO: KPU Selayar Distribusikan Logistik Pemilu 2019

Baca: Ini Dua Lokasi yang Dikunjungi Menteri Pertanian Amran Sulaiman di Takalar

Baca: Kasus Pencurian Empat Celengan Masjid Agung Jeneponto Masuk Tahap Lidik Polisi

Untuk langkah awal pencanangan tersebut baru efektif sekali seminggu yakni pada setiap hari Jumat.

Di area Car Free Day ini juga dilakukan senam yang diikuti oleh seluruh OPD dan masyarakat dipandu oleh Instruktur Kota Kesorga Puskesmas Kota Enrekang.

Wakil Bupati Enrekang, Asman, mengatakan, dengan penerapan Car Free Day itu diharapkan dapat menciptakan lingkungan yang benas polusi dan menunjang kesehatan masyarakat.

Selain itu, Asman, juga menginginkan adanya langkah kepedulian lingkungan oleh OPD setelah selesai senam di setiap hari Jumat.

Olehnya itu, Ia mengagas program Jumpa Darling (Jumat Pagi Peduli Lingkungan). Dimana nantinya setiap OPD melakukan kegiatan pembersihan lingkungan usai pelaksanaan senam pagi.

"Kita mau agar pada hari Jumat selain dapat manfaat sehat dari senam bugar, kita juga dapat manfaat sehat dari lingkungan yang bersih termasuk area bebas asap kendaraan walaupun hanya beberapa jam saja," kata Asman, Jumat (12/4/2019) pagi.

Ia menjelaskan, lewat program itu diharapkan dapat menyadarkan masyarakat terkait pentingnya kebersihan lingkungan bagi kesehatan.

Halaman
12
Penulis: Muh. Asiz Albar
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved