HPMM PNUP Ajak Petani Enrekang Bertani Moderen dengan Alat Mikrokontroler

HPMM Komisariat Polteknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) mengajak masyarakat bertani moderen.

HPMM PNUP Ajak Petani Enrekang Bertani Moderen dengan Alat Mikrokontroler
HPMM PNUP, Syaiulillah
Himpunan Pelajar Mahasiswa Massenrempulu (HPMM) Komisariat Polteknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) menggelar workshop teknologi mikrokontroler pada budidaya tanaman jangka pendek di Aula Serbaguna Desa Tampo, Kecamatan Anggeraja, Kabupaten Enrekang. 

TRIBUNENREKANG.COM, ANGGERAJA-  Himpunan Pelajar Mahasiswa Massenrempulu (HPMM) Komisariat Polteknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) mengajak masyarakat bertani moderen.

Mereka menggelar workshop teknologi mikrokontroler pada budidaya tanaman jangka pendek di Aula Serbaguna Desa Tampo, Kecamatan Anggeraja, Kabupaten Enrekang.

Workshop diikuti oleh para kelompok tani, para kepala desa serta siswa SMA di Kabupaten Enrekang.

Baca: Beda Pilihan di Pilpres, Lihat Detik-detik Sandiaga Uno Berlutut Depan Jusuf Kalla, Baru Terjadi

Baca: Hasil Survei Elektabilitas Terbaru, PoliticaWave Rilis Prabowo-Sandiaga Ungguli Jokowi-Maruf

Baca: Diduga Sebar Kampanye Jika Jokowi Terpilih, Tak Ada Lagi Azan, Tiga Emak-emak Resmi Jadi Tersangka

Mereka menghadirkan langsung Dosen Elektro PNUP, Sahabuddin Abdul Kadir dan Teknisi laboratorium microkontroler, Ahmad Zubair.

Dalam kesempatan itu, Sahabuddin, mengatakan teknologi mkrokontroler sangat efisien digunakan dalam bidang pertanian khususnya tanaman jangka pendek.

Sebab, para petani tidak perlu lagi menyita waktunya untuk ke lahannya melakukan penyiraman terhadap tanaman secara manual.

"Kita cukup memberi timer kapan waktunya akan menyiram pada alat mikrokontroler ini, lalu kran yang secara otomatis berputar membuka tutup saluran air untuk menyiram tanaman," kata Sahabuddin.

Sahabuddin juga mengajarkan para peserta workshop mengenai cara kerja dari alat tersebut mulai dari membuat program pada mikrokontroler hingga teknik penyiraman.

Sementara Ketua HPMM PNUP, Syaiulillah mengatakan, tujuannya diadakannya kegiatan itu guna membantu masyarakat dari kalangan petani khususnya bawang merah.

Agar mereka lebih mudah dalam proses penyiraman tanaman dengan alat menggunakan mikrokontroler.

Halaman
12
Penulis: Muh. Asiz Albar
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved