Pemkab Luwu Timur Usulkan Pembebasan Kawasan Hutan 84.000 Hektar, Untuk Ini

Luasan kawasan hutan itu diusulkan untuk menjadi kawasan produksi dan permukiman bagi warga Bumi Batara Guru julukan Luwu Timur.

Pemkab Luwu Timur Usulkan Pembebasan Kawasan Hutan 84.000 Hektar, Untuk Ini
Humas Pemkab Lutim
Bupati Luwu Timur, Thorig Husler sedang sambutan di sela penyerahan sertifikat program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Lapangan Tomoni, Kecamatan Tomoni, Luwu Timur, Sulawesi Selatan (Sulsel), Selasa (19/2/2019). 

TRIBUNLUTIM.COM, MALILI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu Timur sudah mengusulkan pembebasan kawasan hutan 84.000 hektare (Ha) ke Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Luasan kawasan hutan itu diusulkan untuk menjadi kawasan produksi dan permukiman bagi warga Bumi Batara Guru julukan Luwu Timur.

Demikian disampaikan Bupati Luwu Timur, Thorig Husler di sela penyerahan sertifikat program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Lapangan Tomoni, Kecamatan Tomoni, Luwu Timur, Sulawesi Selatan (Sulsel), Selasa (19/2/2019).

"Kami telah mengusulkan pelepasan kawasan hutan yang tersebar dari Desa Lauwo hingga Masiku dengan luasan kurang lebih 84.000 hektar," kata Husler.

Tujuannya agar masyarakat yang berada di wilayah kawasan hutan mendapatkan kejelasan atas kepemilikan lahan yang ditempati.

"Usulan tersebut saat ini sudah berproses, mudah-mudahan dalam waktu dekat dapat disetujui pemerintah pusat," tutur Husler.

Husler mengatakan pihaknya terus berkoordinasi dengan KLHK agar pengusulan pembebasan kawasan tersebut dapat segera terealisasi dan dilegalkan.

"Usulan ini bertujuan untuk memperjelas hak milik masyarakat dan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di wilayah tersebut," imbuh Husler.

Hadir Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sulsel, Dadang Suhendi, Wakil Bupati Luwu Timur, Irwan Bachri Syam, Wakil Ketua II DPRD, Aris Situmorang, Perwira Penghubung Mayor Suparman, kepala dinas, camat dan masyarakat Tomoni dan Mangkutana.

Dalam kesempatan itu, Husler membagikan 6.844 sertifikat tanah kepada warganya.

Halaman
12
Penulis: Ivan Ismar
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved