Pemilu 2019

KPU Gowa Gandeng UIN Tingkatkan Partisipasi Pemilih Mahasiswa

Ketua KPU Gowa Muhtar Muis mengatakan, kurangnya penggunaan hak pilih dalam Pemilu selama ini didominasi oleh kalangan mahasiswa.

KPU Gowa Gandeng UIN Tingkatkan Partisipasi Pemilih Mahasiswa
Ari Maryadi/Tribungowa.com
Penandatanganan MoU ini dilakukan oleh Ketua KPU Gowa Muhtar Muis bersama Dekan Fakultas Usluhuddin dan Filsafat Muh Natsir. 

TRIBUN-TIMUR.COM, SUNGGUMINASA - Komisi Pemilihan Umum atau KPU Gowa menggandeng Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar (UIN) untuk meningkatkan partisipasi mahasiswa dalam pemilihan umum.

Kerja sama KPU Gowa dan UIN Alauddin ini ditandai dengan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) atau nota kesepahaman kerja sama terkait kepemiluan.

Ketua KPU Gowa Muhtar Muis mengatakan, kurangnya penggunaan hak pilih dalam Pemilu selama ini didominasi oleh kalangan mahasiswa. Muhtar menilai mahasiswa sering kali memilih golput.

Baca: Ketua KPU Gowa: Tribun Timur Terus Kreatif dan Memimpin Pasar Media

Baca: KPU Gowa Belum Miliki Tempat Penyimpanan Logistik Pemilu 2019

Baca: VIDEO: Ketua KPU Gowa Selamati dan Doakan Tribun Timur di HUT ke-15

Oleh karena itu, penandatanganan MoU ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepemiluan kepada mahasiswa agar melek demokrasi. Serta mahasiswa mau menggunakan menggunakan hak pilihnya yang tentunya sesuai aturan.

Muhtar Muis berharap, program yang akan dilaksanakan bersama mencakup bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.

"Pilar tridharma perguruan tinggi diaplikasikan melalui MoU ini sehingga dapat mendorong kualitas demokrasi yang semakin baik," kata Muhtar Muis, Jumat (15/2/2019).

MoU tersebut diantaranya peningkatan partisipasi pemilu, Sosialisasi Pemilih Muda, Pelayanan Mahasiswa Pindah Memilih, PKL Logistik dan rencana kebutuhan Operator Tungsura.

Sementara itu Dekan Fakultas Ushuludin dan Filsafat, Muh Natsir, mengatakan, MoU dilakukan dalam rangka meningkatkan Prodi dalam Pengajuan Akreditasi UIN dari B Menjadi A.

Menurutnya, mahasiswa dapat terlibat langsung dalam proses Pemilu Untuk Menyukseskan Pemilu 2019.

"Kerja sama ini dalam Bentuk Kegiatan Sosialisasi, Penelitian dan Meningkatkan Mahasiswa PKL/ Magang di KPU Gowa," kata Muh Natsir.

Halaman
12
Penulis: Ari Maryadi
Editor: Nurul Adha Islamiah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved