Kemendikbud RI Percepat Penerimaan Siswa Baru untuk SMA/SMK di Sulsel! Kapan Dimulai

None mengatakan penerimaan siswa baru tahun ajaran 2019 akan berubah total dari sebelum-sebelumnya.

Kemendikbud RI Percepat Penerimaan Siswa Baru untuk SMA/SMK di Sulsel! Kapan Dimulai
sanovra/tribuntimur.com
Gubernur Sulsel Prof HM Nurdin Abdullah yang didampingi Kepala Dinas Pendidikan Sulsel, Irman Yasin Limpo membuka secara resmi Festival Pelajar #3 Dinas Pendidikan Sulsel yang berlangsung di Celebes Convention Center, Jl Metro Tanjung Bunga, Makassar, Sabtu (27/10). Pemerintah RI melalui Kemendikbud bakal mempercepat penerimaan siswa baru SMP tahun 2019 

Laporan Wartawan Tribun-Timur, Saldy

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Pelan tapi pasti, Pemerintah Pusat melakukan perombakan sistem penerimaan siswa baru (PSB) tahun ajaran 2019.

Informasi yang diterima Irman Yasin Limpo'>Kepala Dinas Pendidikan Sulsel Irman Yasin Limpo dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI, bahwa tahun 2019 tidak ada lagi sistem pendaftaran dalam penerimaan siswa baru.

"Jika tahun-tahun sebelumnya para pelajar harus mendaftar lewat online atau manual, tahun depan itu tidak ada lagi. Ini aturan baru yang sementara digogok oleh Kemendikbud RI di Jakarta," ujar None sapaan Kadisdik Sulsel, Selasa (11/12).

Baca: Pelaku Tabrak Lari di Makale Tertangkap Setelah Membawa Korban ke RSUD Lakipadada

Baca: VIDEO: Begini Kondisi Bocah Penyandang Disabilitas Usai Dianiaya Tantenya di Bone

None mengatakan penerimaan siswa baru tahun ajaran 2019 akan berubah total dari sebelum-sebelumnya.

Ia menjelaskan para pelajar lulusan Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang ingin lanjut ke jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) itu diputuskan oleh tim, atau disebut panitia penerimaan siswa baru.

"Dulu itu, pelajar yang tentukan dirinya dimana mereka mau sekolah. Sekarang tim atau panitia penerimaan yang tentukan mereka dimana pelajar itu akan sekolah," katanya.

Panitia penerimaan siswa baru ini, gabungan dari tiga unsur, diantaranya pihak Dinas Pendidikan Sulsel, Cabang Dinas, dan Pihak Sekolah.

Meski kata None, Juknis atau Permendikbud belum dikeluarkan oleh Menteri, sistem penerimaan ini tetap digelar secara penerimaan sistem penetapan.

Rapat Nasional

Halaman
123
Penulis: Saldy
Editor: Arif Fuddin Usman
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved