Tekan Sampah Plastik di Lingkungan Sekolah, Ini yang Dilakukan Sekolah Peraih Adiwiyata Mandiri 2017

Andi Mustan (43) yang ditemui Tribunwajo.com, membeberkan butuh 5 tahun memperjuangkan untuk memeroleh penghargaan bergengsi tersebut.

Tekan Sampah Plastik di Lingkungan Sekolah, Ini yang Dilakukan Sekolah Peraih Adiwiyata Mandiri 2017
Hardiansyah/Tribunwajo.com
SMAN 2 Wajo, sekolah peraih Adiwiyata Mandiri 2017 dari Kementerian Lingkungan Hidup. 

Laporan wartawan TribunWajo.com, Hardiansyah Abdi Gunawan

TRIBUNWAJO.COM, WAJO - Setiap tahun, Kementerian Lingkungan Hidup menganugrahkan penghargaan Adiwiyata Mandiri ke beberapa sekolah. Tahun 2017 kemarin, SMAN 1 Majauleng, yang kini bernama SMAN 2 Wajo memperoleh penghargaan bergengsi tersebut.

Tidak mudah meraih predikat Adiwiyata Mandiri. Guru Pembina Adiwiyata SMAN 2 Wajo, Andi Mustan (43) yang ditemui Tribunwajo.com, membeberkan butuh 5 tahun memperjuangkan untuk memeroleh penghargaan bergengsi tersebut.

"Ini kan imbas dari sekolah yang memeroleh Adiwiyata. Ada Adiwiyata tingkat kabupaten, tingkat provinsi, dan tingkat nasional," katanya, Kamis (06/12/2018).

Baca: KPU Sulbar-Mamasa Lanjutkan Agenda Pemilu di Tengah Gempa

Baca: Menu Baru di Pizza Hut Karebosi Link Berbahan Keju, Segini Harganya

Baca: Avanza Putih Tabrak Pembatas Jalan Arteri Mamuju, Satu Penumpang Dilarikan ke RS Bhayangkara

SMAN 2 Wajo sendiri, telah meraih predikat Adiwiyata dari Pemerintah Kabupaten Wajo pada 2014 lalu. Setahun berselang, penghargaan untuk Adiwiyata tingkat provinsi diterima.

"Ini kan dilihat, bagaimana kurikulum harus berbasis lingkungan hidup. Bagaimana menjadikan lingkungan itu sebagai media pembelajaran," katanya.

Guru mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) tersebut mencontohkan, untuk mata pelajaran Biologi, itu tidak lagi berpatokan pada buku teks untuk melihat anatomi tumbuhan, melainkan langsung ke lingkungan sekitar.

Kelas pun tidak lagi difungsikan sebagai tempat menerima pelajaran, melainkan memanfaatkan lingkungan sekolah yang teduh untuk belajar. Rerimbun pohon sangat membantu.

SMAN 2 Wajo, sekolah peraih Adiwiyata Mandiri 2017 dari Kementerian Lingkungan Hidup.
SMAN 2 Wajo, sekolah peraih Adiwiyata Mandiri 2017 dari Kementerian Lingkungan Hidup. (Hardiansyah/Tribunwajo.com)

"Bagaimana siswa bisa melihat langsung, dan tidak harus terikat dalam kelas," kata alumni Universitas Negeri Makassar tersebut.

Olehnya, sebagai sekolah peraih Adiwiyata Mandiri 2017, penting bagi seluruh civitas akademik SMAN 2 Wajo menjaga dan melestarikan lingkungan hidup.

Halaman
12
Penulis: Hardiansyah Abdi Gunawan
Editor: Nurul Adha Islamiah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved