Memilih Perguruan Tinggi Ideal, Prof Jasruddin: Lihat Akreditasi Prodi dan Akreditasi Institusinya

Jasruddin berharap, lewat sosialisasi yang dilaksanakan dengan mendatangkan nara sumber yang juga tim asesor BAN-PT

Memilih Perguruan Tinggi Ideal, Prof Jasruddin: Lihat Akreditasi Prodi dan Akreditasi Institusinya
dok humas lldikti 9
Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah IX Sulawesi, Prof Dr Jasruddin MSi saat membuka kegiatan Sosialisasi Instrumen Akreditasi Perguruan Tinggi Versi 3.0, di Aula Ridwan Saleh Mattayang, Kantor LLDIKTI IX Makassar, Senin (12/10/2018). Hadir Kepala Bagian Kelembagaan dan Sistem Informasi Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Munawir Sadzali Razak SIP MA. 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Alfian

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Bagi calon mahasiswa yang akan memilih perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta yang pertama harus dilihat dan diperhatikan adalah status akreditasinya.

Hal tersebut ditegaskan Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah IX Sulawesi, Prof Dr Jasruddin MSi dalam rilis yang diterima tribun-timur.com, Selasa (13/11/2018).

Jasruddin menegaskan hal tersebut saat membuka Sosialisasi Instrumen Akreditasi Perguruan Tinggi Versi 3.0, di Aula Ridwan Saleh Mattayang, Kantor LLDIKTI IX Makassar, Senin (12/10/2018).

Baca: Ada 3 Prodi Baru di LLDikti IX, SK Kemenristekdikti Diserahkan Prof Jasruddin, Baca Selengkapnya!

Baca: Prof Jasruddin: Mahasiswa Rasakan Penderitaan dari Kampus Bermasalah Adalah Kezaliman Pendidikan

Hadir pada sosialisasi tersebut Kepala Bagian Kelembagaan dan Sistem Informasi Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Munawir Sadzali Razak SIP MA.

Dijelaskan Jasruddin, calon mahasiswa memang harus mencermati hal utama dalam memilih jurusan dan perguruan tinggi, yakni status akreditasi prodi dan akreditasi institusi.

Kepala LLDikti Wilayah IX Sulawesi di Prof Dr Jasruddin MSi menyerahkan SK pembukaan prodi D4 Transportasi Laut kepada Direktur Politeknik Maritim AMI Makassar Amrin Rani SE MM di Gedung LL2Dikti Wilayah IX Sulawesi Jl Bung, Tamalanrea, Makassar, Senin (12/11/2018).
Kepala LLDikti Wilayah IX Sulawesi di Prof Dr Jasruddin MSi menyerahkan SK pembukaan prodi D4 Transportasi Laut kepada Direktur Politeknik Maritim AMI Makassar Amrin Rani SE MM di Gedung LL2Dikti Wilayah IX Sulawesi Jl Bung, Tamalanrea, Makassar, Senin (12/11/2018). (dok humas polimarim ami makassar)

“Kenyataan kampus di jajaran LLDikti IX selama ini, masih cukup banyak status akreditasi institusi dengan nilai C, nilai B masih sangat sedikit dan belum ada kampus dengan nilai akreditasi instusi A,” tegas mantan Direktur Program Pascasarjana UNM ini.

“Saya percaya, begitu banyak prodi PTS di lingkup LLDikti yang memiliki peluang bisa meraih nilai akreditasi A,” kata Prof Jas –sapaannya.

Baca: Prof Jasruddin Hibur Wisudawan Politeknik Maritim AMI Makassar dengan Lagu ‘Ayah’

Baca: Bawa Kuliah Umum, Prof Jasruddin Minta Mahasiswa FKIP Unibos Beretika dan Kreatif

“Tapi ada dua masalah jadi penghambat, pertama tidak terampil isi borang dan kedua tidak paham mengisi borang,” ungkap doktor Fisika dari PPs ITB ini.

Jasruddin berharap, lewat sosialisasi yang dilaksanakan dengan mendatangkan nara sumber yang juga tim asesor BAN-PT.

“Tentu akan memberikan semacam persamaan persepsi dan keterampilan saat mengisi borang di kampus masing-masing,” tegasnya.

Ketua LLDikti Wilayah IX, Prof Jasruddin
Ketua LLDikti Wilayah IX, Prof Jasruddin (tribun timur/darul amri lobubun)

Perlu juga mendapat perhatian kalau ada nilai akreditasi B kemudian turun jadi C, ini akan jadi lucu dan aneh, sehingga perlu perhatian.

“Kalau ada kondisi demikian yang terjadi maka mahasiswa perlu dikasi tahu agar hati-hati pilih prodi tersebut,” tandasnya. (*)

Lebih dekat dengan Tribun Timur, subscribe channel YouTube kami:

Follow juga akun instagram official kami:

Penulis: Alfian
Editor: Arif Fuddin Usman
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved