30 Caleg DPD RI Dapil Sulbar Setor LDAK ke KPU

Partai politik juga wajib membuat surat pernyataan penerimaan sumbangan jika mendapat sumbangan.

30 Caleg DPD RI Dapil Sulbar Setor LDAK ke KPU
nurhadi/tribunsulbar.com
Sebanyak 16 partai politik dan 30 calon anggota DPD RI Dapil Sulbar yang jadi peserta Pemilu Tahun 2019, telah menyampaikan Laporan Awal Dana Kampanye (LADK) ke KPU Sulbar, Minggu (23/9/2018). 

Laporan Wartawan TribunSulbar.com, Nurhadi

TRIBUNSULBAR.COM, MAMUJU - Sebanyak 16 partai politik dan 30 calon anggota DPD RI Dapil Sulbar yang jadi peserta Pemilu Tahun 2019, telah menyampaikan Laporan Awal Dana Kampanye (LADK) ke KPU Sulbar, Minggu (23/9/2018).

Tahapan pelaporan dana awal kampanye partai politik dan calon perseorangan, berakhir pada 23 September 2018 pukul 18.00 Wita.

Ketua KPU Sulbar, Rustang mengatakan para perserta pemilu telah melaporkan dana awal kampanye dalam bentuk formulir, seperti formulir, LADK-1, LADK-2, LADK-3 dan seterusnya.

"LADK-1 itu isinya tentang laporan awal dana kampanye, kemudian LADK-2 berisi penerimaan dana kampanye, LADK-3 berisi daftar penyumbang dana kampanye, LADK-4 berisi catatan pengeluaran, LADK-5 berisi catatan saldo awal rekening dana kampanye dan LADK-6 berisi catatan pertanggungjawaban penggunaan dana kampanye," katanya di kantor KPU Sulbar, Jl Soekarno Hatta, Mamuju, Minggu, (23/8/2018) malam.

Baca: Terlambat Setor LADK, Caleg Terancam Dicoret

Baca: Jika Tak Ingin Didiskualifikasi, Parpol di Sinjai Wajib Setor LADK 23 September 2018

Mantan ketua Panwaslu Mamuju Tengah itu menuturkan, seluruh sumbangan ke partai politik maupun calon perseorangan dalam bentuk uang harus tercatat dalam rekening khusus dana kampanye.

"Kalau dia bukan berupa uang, harus dibuatkan catatan khusus oleh peserta pemilu dalam hal ini Parpol dan calon perseorangan. Makanya ada LADK-7 khusus calon untuk mencatat penerimaan dan pengeluaran karena calon tidak wajib buka rekening, tapi wajib lakukan pencatatan transaksi kampanye," tuturnya.

Dikatakan, partai politik juga wajib membuat surat pernyataan penerimaan sumbangan jika mendapat sumbangan baik dari perseorangan maupun kelompok.

"Jadi semua sudah memasukan laporannya dan kami terima, dan kami akan cek kembali. Akan ada masa perbaikan hingga 27 September," katanya.(*)

Penulis: Nurhadi
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved