Bupati Bulukumba Geram Ada Penderita Gizi Buruk Tetanggaan dengan Kades Bontonyeleng

Kondisi rumah mereka masuk dalam kategori tak layak huni, ditambah ayah Derby yang tak diketahui rimbanya.

Bupati Bulukumba Geram Ada Penderita Gizi Buruk Tetanggaan dengan Kades Bontonyeleng
handover
Kasus penderita gizi buruk yang ditemukan sekitar 200 meter dari rumah Kepala Desa (Kades) Bontonyeleng, Kecamatan Gantarang. 

Laporan Wartawan TribunBulukumba.com, Firki Arisandi

TRIBUNBULUKUMBA.COM, UJUNG BULU - Kasus penderita gizi buruk yang ditemukan sekitar 200 meter dari rumah Kepala Desa (Kades) Bontonyeleng, Kecamatan Gantarang, membuat Bupati Bulukumba AM Sukri Sappewali geram.

"Kenapa ada penderita gizi buruk dekat rumah kepala desa, ini tidak masuk akal dan sangat saya sayangkan. Saya akan panggil kepala desa," ujar Sukri Sappewali.

Keberadaan penderita gizi buruk yang diketahui bernama Derby (10 tahun), pertama kali ditemukan oleh pengurus Forum Jurnalis Selatan (FJS), Irwansyah, Kamis (6/8/2018).

Padahal rumah korban juga tak jauh dari Puskesmas Bontonyeleng di Dusun Jokka. Hanya sekitar 300 meter dari kediaman Derby di Dusun Seka.

Baca: Darurat Gizi Buruk di Maluku Tengah, Dompet Dhuafa Terjunkan Tim Kemanusian

Baca: Airin, Bayi Penderita Gizi Buruk di Bulukumba Meninggal Dunia

Ibu Derby yang diketahui bernama Itte (45 tahun), sehari-harinya menjadi pekerja serabutan untuk memenuhi kebutuhan makan dan minum setiap harinya.

Lebih memperihatinkan lagi, kondisi rumah mereka masuk dalam kategori tak layak huni, ditambah ayah Derby yang tak diketahui rimbanya.

Salah satu tetangga penderita gizi buruk tersebut, Dirman menjelaskan, korban termasuk penerima bantuan beras miskin, susu, dan obat-obatan, meski tak terdaftar sebagai penerima bantuan.

Keluarga ini tak memiliki kartu identitas, karena selama ini Itte dan anaknya hanya nebeng di rumah orangtua, namun orangtuanya juga telah meninggal sekitar lima tahun silam.

"Memang ini ibunya punya riwayat gangguan jiwa kodong. Baru dia hanya tinggal berdua sama anaknya di rumah peninggalan orangtuanya," jelasnya.

Saat ini Derby sudah mendapatkan perawatan medis di Rumah Sakit Umum Sulthan Dg Radja Bulukumba.(*)

Penulis: Firki Arisandi
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved