Lima Manfaat Gunakan Kartu Debit Berlogo GPN

Setidaknya ada lima manfaat yang bisa dirasakan masyarakat dengan menggunakan kartu berlogo GPN.

Lima Manfaat Gunakan Kartu Debit Berlogo GPN
sanovra/tribuntimur.com
Pejabat Gubernur Sulsel, Sumarsono peserta jalan santai rangkaian kegiatan launching Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) di Anjungan Pantai Losari Jl Penghibur Makassar, Minggu (5/8/2018). Dengan kartu GPN tersebut nantinya akan lebih memudahkan masyarakat melakukan transaksi tarik tunai, lantaran hanya dengan satu kartu berlaku untuk semua Perbankan dengan potongan tarif yang sama saat transaksi. 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Muhammad Fadhly Ali

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan (KP) Sulsel bekerja sama dengan 53 perbankan di Sulsel menggelar kampanye Penukaran Kartu Berlogo GPN hingga 10 Agustus mendatang.

Kepala BI KP SulselBambang Kusmiarsi yang ditemui usai kampanye usai di Anjungan Pantai Losari Jl Penghibur Makassar, Minggu (5/8/2018) mengklaim, setidaknya ada lima manfaat yang bisa dirasakan masyarakat dengan menggunakan kartu berlogo GPN.

"Pertama masyarakat dapat melakukan transaksi di semua kanal pembayaran di seluruh Indonesia. Kedua, masyarakat terjamin keamanannya dalam transaksi karena fitur yang terstandardisasi, di samping seluruh prosesnya yang dilakukan melalui jaringan domestik," kata lelaki berkacamata itu.

Baca: 990 Ribu EDC Telah Diupgrate untuk Koneksi Kartu Debit Berlogo GPN

Lalu ketiga, masyarakat tidak dikenakan biaya oleh merchant yang menggunakan kartu perbankan karena penetapan Merchant Discount Rate (MDR).

Keempat, kanal pembayarannya sudah saling terkoneksi dan saling dapat diwujudkan (interoperabilitas).

"Kelima, biaya administrasinya lebih murah karena seluruh pemrosesan dilakukan di jaringan domestik," katanya.

Baca: Hadirnya Program GPN, Apakah Harus Diganti Kartu atau Bertambah?

Misalnya, dalam penerapan tarif MDR, yang dibebankan kepada merchant oleh bank seperti yang saat ini berlaku, untuk Merchant Khusus SPBU, sebelum GPN MDR berkisar sampai dengan 3,25%, setelah MDR tarif yang berlaku 0,15% dari transaksi.

Contoh lainnya, merchant transaksi reguler sebelum GPN berkisar sampai dengan 3,5%, setelah GPN hanya 0,15%, dan lain-lain. (aly)

Penulis: Muhammad Fadly Ali
Editor: Mahyuddin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved