990 Ribu EDC Telah Diupgrate untuk Koneksi Kartu Debit Berlogo GPN

Di Sulsel, jumlah kartu debit tidak diketahui pasti, begitu pun target kepingan yang berimigrasi

990 Ribu EDC Telah Diupgrate untuk Koneksi Kartu Debit Berlogo GPN
abdiwan/tribuntimur.com
Pejabat Gubernur Sulsel, Sumarsono peserta jalan santai rangkaian kegiatan launching Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) di Anjungan Pantai Losari Jl Penghibur Makassar, Minggu (5/8/2018). Dengan kartu GPN tersebut nantinya akan lebih memudahkan masyarakat melakukan transaksi tarik tunai, lantaran hanya dengan satu kartu berlaku untuk semua Perbankan dengan potongan tarif yang sama saat transaksi. 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Muhammad Fadhly Ali

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Dari 1 juta mesin Electronic Data Capture (EDC) di Indonesia, Bank Indonesia mengklaim 990 ribu di antaranya sudah di-upgrate agar dapat membaca transaksi kartu debit berlogo Gerbang Pembayaran Nasional (GPN).

Hal ini diutarakan Kepala Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan (KP) Sulsel, Bambang Kusmiarso di sela kampanye GPN di Anjungan Pantai Losari Jl Penghibur Makassar, Minggu (5/8/2018).

"Angka 990 ribu EDC merupakan angka nasional. Di Sulsel, sekitar 100 ribu EDC yang telah di-upgrate," katanya, Minggu (5/8/2018).

Secara nasional, jumlah kartu debit sekitar 200 juta keping.

Baca: Bank Indonesia Raih 2 Penghargaan di APAC Award 2018

"Dan BI nasional menargetkan sekitar 46 juta keping kartu debit lama berimigrasi ke kartu debit berlogo GPN hingga akhir tahun," kata Bambang.

Di Sulsel, jumlah kartu debit tidak diketahui pasti, begitu pun target kepingan yang berimigrasi.

Hal itu karena penukaran kartu bisa dilakukan di bank mana saja, sesuai bank yang dipilih.

"Kita ikuti BI sajalah, 30 persen targetnya," katanya.

Guna mengakrabkan GPN kepada masyarakat, BI KP Sulsel bekerja sama dengan 53 perbankan di Sulsel menggelar kampanye Penukaran Kartu Berlogo GPN hingga 10 Agustus mendatang.

Baca: Hadirnya Program GPN, Apakah Harus Diganti Kartu atau Bertambah?

Hadir Pj Gubernur Sulsel Sumarsono, Wali Kota Makassar Danny Pomanto, Anggota DPR RI Amir Uskara, pimpinan dan perwakilan 53 perbankan, tokoh masyarakat, ormas, dan nasabah loyal. Mereka bergantian naik menerima kartu debit berlogo GPN.

"Agenda tersebut berlangsung di 17 wilayah di Indonesia, salah satunya Sulsel. Dan Alhamdulillah berjalan lancar," kata Bambang sapaanya.(*)

Penulis: Muhammad Fadly Ali
Editor: Mahyuddin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help