Unibos Makassar Gelar Pelatihan Usaha Budidaya Madu di Soppeng

Pada pelatihan budidaya lebah madu Trigona Sp, dilakukan penggunaan alat mesin pemeras madu.

Unibos Makassar Gelar Pelatihan Usaha Budidaya Madu di Soppeng
handover
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bosowa (Unibos) Makassar menggelar pelatihan usaha budidaya lebah madu Trigona Sp di Desa Gattareng, Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan, Rabu (26/7/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Sudirman

TRIBUN-TIMUR.COM, SOPPENG - Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bosowa (Unibos) Makassar menggelar pelatihan usaha budidaya lebah madu Trigona Sp di Desa Gattareng, Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan, Rabu (26/7/2018).

Pelatihan usaha budidaya melibatkan penyuluh kehutanan di Gattareng, dan Soppeng, dua mitra yaitu KSM Harapan Areppae dan KSM Jampue desa Gattareng.

Pengabdi Unibos, Arman Setiawan mengatakan, kegiatan ini merupakan kegiatan civitas akademika dalam mengamalkan dan membudayakan ilmu pengetahuan dan teknologi.

"Kegiatan ini untuk memajukan kesejahteraan masyarakat, dan daya saing dengan menerapkan iptek bagi masyarakat," kata Arman dalam rilisnya ke tribun-timur.com, Kamis (26/7/2018).

Baca: Masyarakat Akuakultur dan Yayasan Hadji Kalla Kembangkan Budidaya Udang Modern

Baca: Mahasiswa Pascasarjana Budidaya Perairan Unibos Bakal Studi Banding di Thailand

Pada pelatihan budidaya lebah madu Trigona Sp, dilakukan penggunaan alat mesin pemeras madu. Apalagi selama ini, masyarakat masih seringkali menggunakan alat manual dalam memeras madu.

"Dengan kegiatan ini, kita harapkan mampu meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam hal produksi," tambah Arman Setiawan.

Pemberian materi tentang penguatan pembangunan kelompok usaha yang berkelanjutan, manajemen usaha dan pemasaran hasil produksi.

"Kami harapkan setelah kegiatan ini, kedua mitra dapat terus berkembang, dan memperhatikan pengembangan usaha budidaya," tambah Arman.

Disamping itu, dapat bersinergi dengan berbagai pihak seperti pemerintah dan swasta, dalam hal pemasaran hasil produksi.

Sementara Kepala Desa Gattareng Mappe, berharap kegiatan ini bisa menambah pendapatan, khususnya bagi kedua KSM yang ada di desa Gattareng.(*)

Penulis: Sudirman
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help