Hebat! Tiga Mahasiswa Unhas Ciptakan Aplikasi Pendeteksi Batuan dan Mineral

Dimuka bumi ini terdapat 5425 mineral dan 2816 batuan menurut Hudson Institut Mineralogy, 2018.

Hebat! Tiga Mahasiswa Unhas Ciptakan Aplikasi Pendeteksi Batuan dan Mineral
munawwarah/tribun-timur.com
Tiga mahasiswa Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, berhasil menciptakan aplikasi Mineral and Rock Recognition System Aplication atau Miror-App. 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Munawwarah Ahmad

TRIBUN-TIMUR.COM,MAKASSAR - Tiga mahasiswa Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, berhasil menciptakan aplikasi Mineral and Rock Recognition System Aplication atau Miror-App.

Ialah Muhammad Akbar Musseng dari Teknik Pertambangan angkatan 2016 , Kevin Chandra Teknik Informatika angkatan 2016, dan Muhammad Anwar Sadad Muhimi Ilmu Komputer angkatan 2015.

Akbar Musseng menjelaskan Miror App merupakan aplikasi yang tujuannya mendeteksi batuan dan mineral mengunakan pengolahan image processing untuk memudahkan dalam mendeskripsikan batuan secara manual atau megaskopis.

"Yang melatar belakangi ide ini menjadi karya, karena faktanya di lapangan mahasiswa sering kali sulit mendeteksi atau mendeskripsikan batuan secara manual atau megaskopis. Makanya dengan adanya aplikasi ini akan mempermudah," jelas Akbar, Jumat (29/6/2018).

Baca: PSM Unhas Wakili Indonesia Pada Ajang Kompetisi Dunia di Afrika

Baca: Mahasiswa Unhas Ajak Pelajar Berwirausaha Lewat Bertani

Adapun cara kerjanya, kata Akbar, handphone akan mengambil gambar batuan yang mau di deskripsi setelah itu dipindahkan ke laptop. Lalu aplikasinya dibuka, ada fitur choose image lalu klik fitur tersebut lalu memilih gambar yg sudah di foto sebelumnya.

"Setelah dipilih terdapat fitur predict, nah itu diklik dan dalam beberapa detik otomatis langsung menampilkan data data batuan dan mineral," tuturnya.

Dimuka bumi ini terdapat 5425 mineral dan 2816 batuan menurut Hudson Institut Mineralogy, 2018. Mendeteksi jenis batuan biasanya butuh proses yang lama dan rumit. Namun itu dahulu kata Akbar, melalui aplikasi Miror App, bisa membawa perubahan di aspek pendidikan khususnya dibidang geologi, geofisika dan dalam bidang serupa dalam mengenali batuan dan mineral.

"Saat ini applikasi masih dalam proses pengembangan, target untuk batuan dan mineral yang akan di deteksi sebanyak 30 sampel yang akan di presentasikan dalam Monitoring dan Evaluasi Eksternal PKM oleh Dikti," tambah Akbar.(*)

Penulis: Munawwarah Ahmad
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved