Fantastis, Anggaran THR Plus Gaji 13 Pemprov Sulbar Capai Rp 43,6 M

Dalam merencanakan anggaran, itu tidak lepas dari acuan ambang batas maksimal 10 persen sisa lebih gaji.

Fantastis, Anggaran THR Plus Gaji 13 Pemprov Sulbar Capai Rp 43,6 M
Ilustrasi THR PNS 2018. 

Laporan Wartawan TribunSulbar.com, Nurhadi

TRIBUNSULBAR.COM, MAMUJU - Tunjangan Hari Raya (THR) bagi ASN, TNI, Polri dan Pensiunan di Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) akan segera dibayarkan. Khusus PNS bakal disusul dengan pengeluaran gaji ke-13 yang rencananya dibayarkan usai lebaran.

Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar saat ditemui di rumah jabatannya, Jl Abd Malik Pattana Endeng, Mamuju, belum lama ini, memastikan anggaran THR tersebut sudah disiapkan berdasarkan nilai kebutuhan.

"Anggaran untuk membayarkan THR sudan disiapkan. Kita sudah memperkirakan perhitungan anggarannya, InsyaAllah anggaran kita cukup," katanya.

Dikatakan, khusus untuk tahun ini, Pemprov Sulbar menyiapkan anggaran THR Rp 21 miliar dan gaji 13 bagi 5.674 ASN sebanyak Rp 22,6 miliar sehingga totalnya Rp 43,6 miliar.

Tahun sebelumnya, Pemprov Sulbar menganggarkan gaji 14 (istilah THR pada 2017) Rp 17,7 miliar untuk 5.671 ASN. Sedangkan gaji 13 sebesar Rp 22,6 miliar.

"Itulah yang akan menerima THR tahun ini, diluar Gubernur, Wakil Gubernur, dan DPRD Sulbar. Berbeda tahun ini, jumlah ASN per April 2018 sebanyak 5.618 orang," kata kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulbar, Amujib, yang dihubungi terpisah.

Baca: Anggaran THR dan Gaji 13 PNS Pemprov Sulbar Capai Rp 43.6 Miliar, Bagaimana Honorer?

Baca: 3.760 ASN Toraja Utara Bakal Terima THR, Ini Jadwalnya

Sementara Kepala Bidang Anggaran dan Bina Kabupaten Badan Pengelola Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) Sulbar, Darwis Damir, THR tahun ini sama dengan yang diterima ASN pada Mei. Sedangkan gaji 13 sama dengan jumlah yang diterima ASN pada Juni.

Darwis menuturkan, adanya kenaikan pengeluaran untuk THR itu, tidak membebani anggaran daerah. Sebab di awal perencanaan APBD Sulbar 2018, sudah mengantisipasi adanya perubahan belanja pegawai.

"Kita sudah persiapkan itu, APBD kita cukup kok. Sudah dianggarkan. Kita sudah memperhitungkan pada saat sosialisisasi pedoman umum penyusunan APBD 2018," katanya.

Halaman
12
Penulis: Nurhadi
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help