Home »

Opini

OPINI

OPINI Dosen UIN Alauddin: Mengembalikan Makna Hijab

Hijab telah menjelma menjadi fashion, mode, gaya, yang biasanya tidak bisa dilepaskan dari aspek ekonomi dan bisnis. Lalu,letak syar’i-nya?

OPINI Dosen UIN Alauddin: Mengembalikan Makna Hijab
Muhaemin Latif 

Oleh: Muhaemin Latif
Dosen Filsafat Fak Ushuluddin dan Filsafat UIN Alauddin Makassar

Pada Ramadan ini, munculnya fenomena hijab yang diberi label syar’i dalam konteks wanita muslimah kita sungguh menarik untuk dipercakapkan.

Hijab yang hampir menutupi seluruh badan wanita kecuali muka, tangan dan kaki sekarang ini begitu trend di kalangan muslimah masa kini.

Perpaduan jilbab besar dengan baju long dress dengan warna dan motif yang sama telah menjadi fashion tersendiri bagi sekelompok muslimah masa kini.

Kemunculannya begitu massif. Tidak hanya menyasar perempuan-perempuan elite yang biasanya dikenal sebagai sosialita, tetapi sudah menyentuh kelompok-kelompok perempuan dari berbagai tingkatan.

Hampir setiap kita berada di ruang-ruang publik, tidak terkecuali di mal-mal, dengan mudah kita menemukan muslimah berhijab syar’i.

Bahkan sebagian wanita-wanita muslimah yang tersandung dalam pusaran korupsi pun juga menjadikan hijab syar’i sebagai opsi busana mereka. 

Baca juga: OPINI Dr Naidah Naing: Perempuan dan Bom Bunuh Diri

Baca juga: OPINI Upi Asmaradhana: Menolak Lupa Pembunuhan Jurnalis Indonesia

Kondisi ini, apalagi di bulan Ramadan, kemudian diperkuat oleh massif-nya event-event yang terkait dengan hijab yang biasanya dikontestasikan di hotel-hotel mewah.

Sebutlah trend hijab expo, women in action healthy movement, moslem women festival, hijab fair dan sebagainya.

Tidak hanya itu, menjamurnya butik-butik yang menjajakan hijab dan busana muslimah dengan berbagai model, milik designer terkenal seperti Jenahara, Moshaict, Zoya, Shafira, Meccanism, elzatta, Mandjha hijab, HFbyZS, menandakan bahwa hijab tidak lagi sekedar alat untuk menutup aurat.

Halaman
1234
Editor: Jumadi Mappanganro
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help