TribunTimur/

CITIZEN REPORTER

Mahasiswa Indonesia Pamerkan Batik di Kampus Arab Saudia

Memasuki akhir semester, Bagian Kemahasiswaan Qassim University, KSA menyelenggerakan Festival Budaya Bangsa-bangsa ke-4

Mahasiswa Indonesia Pamerkan Batik di Kampus Arab Saudia
CITIZEN REPORTER
Mahasiswa Indonesia Pamerkan Batik di Kampus Arab Saudia 

Mu'tashim Billah

Mahasiswa Qassim University KSA

Melaporkan dari Arab Saudi

TRIBUN-TIMUR.COM-Memasuki akhir semester, Bagian Kemahasiswaan Qassim University, KSA menyelenggerakan Festival Budaya Bangsa-bangsa ke-4 sebagai kegiatan rutin tahunan.

Festival yang diadakan di lantai dasar bangunan utama kampus ini berlangsung selama 4 hari, senin, 9 April hingga kamis, 12 April 2018. Terdapat 20 stand dari 20 negara yang bertarsipasi termasuk negara Indonesia.

Stan Indonesia yang beratapkan rumah adat minang dan berteraskan taman bunga ini didesain oleh para mahasiswa asal Indonesia yang sedang menempuh kuliah di Qassim University, KSA.

Dibuka oleh Rektor kampus, para peserta yang berpaetisipasi diharuskan berkreasi mengisi stannya dengan berbagai macam kekhasan dan kebudayaan dari negara mereka, baik kuliner, pakaian, permainan maupun atraksi.

Stan Indonesia tahun ini bertemakan "batik", dengan berbagai variannya; pakaian, ornamen, buku tulis hingga alat pencetak batik dipajang pada stan Indonesia.

Adapun kuliner, para mahasiswa menyajikan berbagai makanan khas di antaranya; martabak manis, bala-bala (bakwang), puding, nasi goreng, mi aceh, lumpia, tahu isi, es buah, sosis solo, kue bolu, wedang/sarabba dsb. Peserta Indonesia juga menampilkan egrang dan balap lari kelereng sebagai permainan khas dan silat sebagai atraksi kebanggaan stan Indonesia.

Berhiaskan foto-foto pemandangan alam, budaya, hewan khas dan berbagai pajangan batik, stan Indonesia tak pernah sepi oleh pengunjung dari yang hanya melihat-lihat hingga yang mencari tahu lebih dalam tentang Indonesia.

Yang menarik dari stan tahun ini adalah adanya air mancur yang didesain khusus dengan hiasan bunga-bunga dan taman kecil layaknya di taman-taman hotel hingga salah seorang pengunjung asal Arab Saudi berkata "Saya teringat liburan saya di Indonesia ketika melihat pemandangan ini".

Festival budaya ini memperebutkan total hadiah puluhan ribu real untuk lima stan terbaik. Penentuan juara akan diumumkan pekan depan oleh bagian kemahasiswaan.(*)

Penulis: CitizenReporter
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help