TribunTimur/

Anda Merasa Kulit Kering dan Kusam? Mungkin Ini Sebabnya

Namun alangkah baik ketika kita mengetahui secara rinci apa sebenarnya penyebab kulit wajah menjadi kering dan kusam.

Anda Merasa Kulit Kering dan Kusam? Mungkin Ini Sebabnya
HANDOVER
dr Rachmawati Syahrir SpKK MKes 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Sukmawati Ibrahim

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR--Bagi seorang perempuan kulit kering dan kusang merupakan masalah besar, wajar jika mereka berusaha melakukan perawatan intens agar hal tersebut bisa teratasi.

Namun alangkah baik ketika kita mengetahui secara rinci apa sebenarnya penyebab kulit wajah menjadi kering dan kusam.

dr Rachmawati Syahrir SpKK MKes memberikan penjelasan mengenai penyebab dari kulit kering dan kusam.

Baca: Jadi Promotor di Unhas, Prof Irawan Yusuf Angkat Bicara Soal Metode Cuci Otak dr Terawan

Baca: Hari Terakhir di Ruang Kerja, SYL Tandatangani Ratusan Berkas

"Penyebab utama kulit wajah menjadi kering dan kusam ialah karena stres, dimana emosi berpengaruh pada produksi hormon yang dapat memengaruhi kesehatan kulit. Saat stres, kadar hormon kortisol dalam tubuh akan mengalami peningkatan," kata Owner eRSy Skincare ini pada tribun-timur.com, Jumat (6/4/2018).

Hormon ini dapat melemahkan pembuluh darah, menghambat produksi kolagen serta proses pembentukan sel kulit baru.

Kondisi dapat menyebabkan kulit kering, mudah berkerut, dan tampak kusam. Terkadang cara menghilangkan stresyang salah justru memperburuk kondisi ini.

"Penyebab kedua ialah kebiasaan merokok. Merokok menyebabkan pembuluh darah menyempit sehingga menurunkan jumlah oksigen dan nutrisi untuk kulit. Kondisi ini menjadikan kulit lebih mudah keriput, kurang elastis dan tampak kusam juga gelap. Itulah mengapa berhenti merokok baik untuk kesehatan,"jelasnya.

Selanjutnya penumpukan sel kulit mati, setiap 28 hari sekali, sel kulit mati akan gugur dan digantikan dengan lapisan sel kulit baru.

Namun seiring bertambahnya usia, proses tersebut dapat melambat. Kondisi tersebut dapat menjadikan kulit wajah tampak kusam.

"Penyebab ketiga ialah paparan matahari, karena kulit kasar dan kusam dapat disebabkan akibat paparan sinar matahari berlebih. Hal tersebut disebabkan karena sinar ultraviolet dapat memecah protein penjaga kelembutan kulit, yaitu kolagen dan elastin," jawabnya.

Penyebab terakhir ialah Dehidrasi atau kurangnya cairan dalam tubuh dapat menurunkan elastisitas kulit serta menjadikan kulit kering sehingga tampak kusam.

"Selain penyebab tersebut, kondisi udara yang kering, asupan makanan, durasi waktu tidur, hingga produk perawatan kulit juga memengaruhi kondisi kesehatan kulitmu," tuturnya. (*)

Penulis: Sukmawati Ibrahim
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help