TribunTimur/

Pilwali Makassar 2018

Cicu dan Deretan Catatan Politik yang Ditorehkan

Politisi muda ini tak lagi diragukan kepiawaiannya di kanca perpolitikan Sulawesi Selatan terkhusus di Kota Makassar.

Cicu dan Deretan Catatan Politik yang Ditorehkan
TRIBUN TIMUR/SANOVRA JR
Wakil Ketua DPRD Sulawesi Selatan yang juga Calon Wakil Wali Kota Makassar, Andi Rachmatika Dewi membantu warga yang tertimpah musibah akibat angin kencang di Jl Tamalate VIII dan Jl Tamalate VI kelurahan Kassi-Kassi Kecamatan Rappocini, Makassar, Senin (29/1/2018) Sore. Dalam kunjungannya, Cicu menyempatkan berinteraksi dengan sejumlah korban yang mengalami kerusakan. Selain itu Cicu juga turut menyumbangkan beberapa material bangunan guna membantu meringankan beban warga yang tengah membangun kediamannya kembali. TRIBUN TIMUR/SANOVRA JR] 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Alfian

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR- Mendengar nama Andi Rachmatika Dewi atau yang lebih akrab disapa Cicu mengantar kita untuk mengingat sosok perempuan cantik, dengan kacamata yang selalu melekat di wajahnya.

Politisi muda ini tak lagi diragukan kepiawaiannya di kanca perpolitikan Sulawesi Selatan terkhusus di Kota Makassar.

Berbagai sejarah ia torehkan selama terjun di dunia politik, mulai dari tingkat lokal hingga internasional.

Berikut lima sejarah yang torehkan Cicu:

- Legislator perempuan termuda di DPRD Kota Makassar tahun 2009. Mengendarai Partai Golkar, Cicu berhasil menduduki kursi wakil rakyat.

- Perempuan termuda di Sulawesi Selatan yang menjadi ketua partai. Dipinang Partai NasDem tahun 2013, ia menduduki jabatan sebagai Ketua DPD NasDem Kota Makassar, di bawah kepemimpinannya lima orang berhasil duduk di DPRD Makassar dan menduduki satu kursi pimpinan.

- Perempuan pertama yang menduduki jabatan pimpinan di DPRD Sulawesi Selatan. Banyak politisi perempuan yang pernah menduduki kursi DPRD Sulsel namun tidak seorangpun yang mampu menjadi bagian dari pimpinan. Adalah Rachmatika Dewi yang menjadi perempuan pertama yang mencatat sejarah itu. Ia menjadi wakil ketua DPRD Sulsel tahun 2014 yang kala itu masih berusia 31 tahun.

- Menjadi wakil Asia dengan menerima beasiswa untuk belajar politik di Amerika Serikat dalam ajang Women's Campaign School di Yale University tahun 2016. Cicu menjadi satu-satunya perempuan Indonesia dan Asia yang ikut mengembangkan kemampuan politiknya di kampus yang mencetak sederet politisi hebat di negeri Paman Sam tersebut.

- Politisi perempuan paling aktif menjadi pembicara di berbagai event, mulai dari gelaran kegiatan kemahasiswaan, pemuda hingga diundang menjadi pembicara di salah satu event yang digelar oleh Konsulat Jenderal Australia.

Cicu saat ini menjadi idola di Makassar dan Sulawesi Selatan, ia juga menjadi inspirasi pemuda terutama kaum Hawa. Tahun ini Cicu kembali membuat gebrakan baru dengan maju di Pilwali Makassar menjadi penantang petahana. Akankah dokter dan politisi cantik ini kembali mengukir sejarah? Kita tunggu kelanjutannya.

Penulis: Alfian
Editor: Ardy Muchlis
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help