TribunTimur/

Polimarim AMI Makassar Bukan AMI Veteran yang Ditutup Kopertis IX Sulawesi

Direktur Polimarim AMI Amrin Rani mengatakan pihak kampusnya banyak menerima aduan dari alumni dan orang tua taruna terkait penutupan AMI Veteran

Polimarim AMI Makassar Bukan AMI Veteran yang Ditutup Kopertis IX Sulawesi
HANDOVER
FASILITAS LABORATORIUM - Direktur Perkapalan dan Kepelautan Ditjen Perhubungan Laut Kementrian Perhubungan RI, Capt Rudiana MM didampingi Direktur Polimarim AMI Makassar Amrin Rani SE MM (kiri) saat memantau fasilitas laboratorium di kampus Polimarim AMI Makassar, Jl. Nuri Baru No. 1, Makassar, Rabu (28/12/2016). 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Politeknik Maritim (Polimarim) AMI Makassar meluruskan tentang pemberitaan penutupan operasional 12 perguruan tinggi swasta (PTS) yang ada di Sulsel oleh Koordinasi Pergurusan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah IX Sulawesi.

Direktur Polimarim AMI Makassar Amrin P Rani SE MM mengatakan pihak kampusnya banyak menerima aduan dari alumni dan juga orang tua mahasiswa terkait kabar penutupan kampus AMI Veteran Makassar.

“Jadi Polimarim AMI Makassar ini dulunya bernama AMI Veteran Makassar. Nah, saat Koordinator Kopertis IX Prof Niartiningsih mengumumkan AMI Veteran ditutup, banyak alumni dan juga orang tua taruna mempertanyakan hal tersebut,” kata Amrin, Senin (20/3/2017).

Akademi Maritim Indonesia (AMI) Veteran Makassar yang ditutup Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) tak lain AMI Veteran yang beralamat di Jl WR Supratman dan juga di Jl Batu Putih Bundar, Makassar.

Baca: PTUN Tolak Gugatan YKDDM, Terkait Perubahan Bentuk AMI Veteran Menjadi Polimari AMI Makassar

Baca: Dikti: Kampus AMI Veteran Versi YKDDM Illegal

Humas Polimarim AMI Alfian Umar SH MH menjelaskan kampus yang dinyatakan Kopertis IX sebagai PTS yang tak memiliki izin resmi dan ditutup tersebut adalah AMI Veteran ini berada di bawah pengelolaan Yayasan Karya Dharma Daerah Makassar (YKDDM).

Adapun AMI Veteran Makassar yang di Jl Nuri Baru No 1 Makassar di bawah pengelolaan YPTKD sudah berubah bentuk menjadi Politeknik Maritim AMI Makassar berdasarkan SK Kemenristek dan Dikti No. 128/KTP/I/2016 Tertanggal 30 Maret 2016.

"Jadi AMI Veteran yang di Jl Nuri Baru No 1 itu adalah yang sah dan selanjut berubah bentuk sejalan dengan kenaikan level menjadi Politeknik Maritim AMI Makassar. Untuk para alumni dan orang tua tidak perlu risau dan ragu lagi. Kami-lah yang merupakan lembaga sah sesuai SK Kemenristek DIkti," kata Alfian, lulusan magister ilmu hukum Universitas Hasanuddin ini.

Baca: AMI Veteran Makassar Sosialisasi Perubahan Jadi Politeknik Maritim

Baca: AMI Veteran Makassar Resmi Menjadi Politeknik

Kemenristek Dikti menyatakan telah menutup 140 perguruan tinggi swasta (PTS) abal-abal di Indonesia resmi ditutup. Dan sebanyak 12 kampus swasta tersebut, di antaranya berada di Sulawesi Selatan. Salah satunya adalah AMI Veteran yang beralamat di Jl WR Supratman dan Jl Batu Putih Bundar, yang masuk PTS abal-abal.

"Sengaja kita rilis PTS yang tidak memiliki izin ini agar masyarakat tidak tertipu dan tidak menitipkan putra-putrinya disana untuk melanjutkan pendidikan," kata Koordinator Kopertis Wilayah IX Sulawesi, Prof Dr Ir Andi Niartiningsih MP, Rabu (15/3/2017) lalu. (*)

Penulis: Hasrul
Editor: Arif Fuddin Usman
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help