Warga Sulsel Akhirnya Punya Kereta Api, Kecepatannya 110 Km/Jam

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengungkapkan, Kereta Api Sulsel memiliki kecepatan 110 kilometer perjam.

Penulis: Nurul Hidayah | Editor: Ari Maryadi
Tribun Timur
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Wakil Ketua Komisi V DPR RI Andi Iwan Darmawan Aras berjalan kaki menyusuri pembangunan rel sejauh 2 kilometer dari Stasiun Mandai ke Stasiun Maros Sabtu (21/1/2023). 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR -- Warga Sulawesi Selatan kini sudah memiliki kereta api sebagai alat trasporasi massal lintas daerah.

Proyek Kereta Api Sulsel diproyeksikan menghubungkan Kota Makassar hingga ke Kota Parepare.

Bahkan digagas jadi Kereta Trans Sulawesi yang menghubungkan Kota Makassar hingga Kota Manado di masa depan.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengungkapkan, Kereta Api Sulsel memiliki kecepatan 110 kilometer perjam.

Budi kembali turun meninjau program pengerjaan rel kereta api di lokasi pada Sabtu (21/1/2023) kemarin.

Ia didampingi Wakil Ketua Komisi V DPR RI Andi Iwan Darmawan Aras, Bupati Maros Chaidir Syam.

Budi juga memboyong jajarannya, Dirjen Perkeretaapian Risal Wasal, Dirjen Perhubungan Laut Arif Toha, Direktur Prasarana Kereta Api Harno Trimadi.

Budi dan Andi Iwan Aras bahkan berjalan kaki sejauh 2 kilometer menyusuri jalur rel kereta api dari Mandai ke Maros.

Menhub kemudian melanjutkan perjalanan menggunakan kereta menuju stasiun Garongkong di Kabupaten Barru guna melihat perkembangan progres pengerjaan.

Ia mengungkapkan progres di lapangan sudah memasuki tahap 90 persen.

Budi Karya Sumadi mengatakan peninjauan ini dilakukan guna memastikan pembangunan berjalan dengan baik.

"Alhamdulillah saya dari mandai jalan kaki ke maros terus kita ke garonggong dengan kecepatan 110 per/km jam, kita sampai di sana hanya 40 menit,progres pengerjaanya sudah mencapai 90 persenlah," ujarnya.

Setelah meninjau dan memastikan progres pembangunan Kereta Api Sulawesi rute Makassar-Parepare berjalan dengan baik, dirinya melanjutkan perjalanan ke Lokasi Wisata Primadona Rammang-rammang.

Ia menjelaskan kunjungan ke lokasi wisata ini dalam tindak lanjut integrasi moda wisata dan pemanfaatan masyarakat lokal untuk pengembangan potensi UMKM dan Investasi di sekitar Jalur Kereta Api Rute Makassar-parepare. 

Halaman
123
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved