Joko Widodo

Jokowi Bakal Hadir di Musra II Kota Makassar, Panel Barus: Semua Bebas Memilih

Relawan Pro Joko Widodo (Projo) akan menggelar Musyawarah Rakyat (Musra) II di Celebes Convention Center (CCC).

Editor: Muh Hasim Arfah
tribun timur/muhammad abdiwan
Ketua Panitia Nasional Musra, Panel Barus (tengah) saat konferensi pers persiapan Musra II di Benz Bakery and Cafe, Kamis (29/9/2022). Relawan Pro Joko Widodo ( Projo ) akan menggelar Musyawarah Rakyat (Musra) II di Celebes Convention Center (CCC), Minggu (2/10/2022) 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Relawan Pro Joko Widodo ( Projo ) akan menggelar Musyawarah Rakyat (Musra) II di Celebes Convention Center (CCC), Jl Metro Tanjung Bunga, Kelurahan Panambungan, Kecamatan Mariso, Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), Minggu (2/10/2024).

Ketua Panitia Nasional Musra, Panel Barus menjelaskan, Musra bertujuan menjaring kandidat Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden (Capres-Cawapres) 2024 nanti.

Dalam pelaksanaannya, Jokowi akan hadir seperti di Musra I yang diselenggarakan di Bandung, Jawa Barat, Minggu (28/8/2022) kemarin.

"Musra ini diperuntukkan bagi masyatakat Sulsel. Relawan Projo hanya sebagai fasilitator saja," kata Panel saat konferensi pers persiapan Musra II di Benz Bakery and Cafe, Kamis (29/9/2022).

Panel mengatakan, panitia menargetkan, Musra II akan dihadiri 25 ribu peserta.

Voting menggunakan scan barcode juga diadakan untuk mengetahui Capres-Cawapres pilihan rakyat.

"Peserta diharapkan membawa smartphone nanti, agar bisa ikut voting. Jadi tidak ada nama yang dipasang, semua bebas mengusulkan satu nama saja," katanya.

Baca juga: Alasan Projo Sulsel Tak Undang Parpol dalam Musra Dihadiri Jokowi di Makassar

Setelah menggelar voting di Musra 34 provinsi, hasilnya akan diakumulasikan untuk melihat siapa kandidat terkuat di Pemilu Capres-Cawapres 2024.

"Kita mulai kemarin di Jabar, lalu kedua di kota Makassar, Sulsel. Kenapa di Sulsel?, karena di sinilah episentrum Indonesia Timur," katanya.

Ketua Panitia lokal Musra, Herwin Niniala mengatakan, sebagai penanggung jawab lokal Musra II, pihaknya sudah memaksimalkan persiapan dari segala aspek.

“Kita sudah siap. Peralatan, tempat hingga koordinasi dengan TNI, Polri, termasuk Pemda telah kami lakukan. Tujuannya agar pelaksanaan Musra berjalan lancar dan aman,” kata Herwin.

Projo adalah organisasi kemasyarakatan pendukung Presiden Indonesia yang ke-7, Joko Widodo.

Projo dikenal karena merupakan salah satu relawan darat terbesar dan memiliki status resmi organisasi kemasyarakatan dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Baca juga: Sejumlah Ketua Partai Tidak Tahu Soal Musra II Projo di Makassar

Ciri khas Projo adalah bersifat sukarela, terbuka, sosial, tidak membeda-bedakan ras, suku, agama, golongan, serta latar belakang sosial politik kemasyarakatan.

Saat ini ketua umum Projo adalah Budi Arie Setiadi atau akrab dipanggil Muni.

Kongres Pertama PROJO 23 Agustus 2014 di Jakarta memutuskan untuk mengubah gerakan relawan Jokowi ini menjadi Organisasi Kemasyarakatan (ORMAS).

PROJO adalah organisasi relawan Jokowi yang mampu bertarnsformasi dari kelompok relawan menjadi Ormas.(*)

(Noval Kurniawan/tribun-timur.com)

Baca juga: Musra II Projo Akan Digelar di Makassar, Ketua PKB, PKS, dan PAN Sulsel Belum Dapat Undangan

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved