Pameran Buku

Dispar Makassar Puji Pameran Buku dan Literasi Taman Ria di Nipah Park

Pameran yang digelar sejak 24 September ini terus menyajikan berbagai aktivitas dan konten acara menarik di Rooftop Garden Nipah Park. 

Penulis: Rudi Salam | Editor: Muh. Irham
Tribun Timur/Rudi Salam
Keseruan pameran buku dan literasi bertajuk Taman Ria di Nipah Park, Jl Urip Sumoharjo Kota Makassar, Kamis (29/9/2022). Event ini berlangsung hingga 1 Oktober 2022. 

MAKASSAR, TRIBUN-TIMUR.COM - Pameran buku dan literasi bertajuk Taman Ria di Nipah Park masih berlangsung hingga 1 Oktober 2022.

Pameran yang digelar sejak 24 September ini terus menyajikan berbagai aktivitas dan konten acara menarik di Rooftop Garden Nipah Park

Taman Ria sendiri adalah salah satu program yang diusung oleh Nipah Park dan Dinas Pariwisata (Dispar) Makassar.

Dimana ingin menjadikan taman di Nipah sebagai ruang untuk bertemu dan bercerita, menyediakan lokasi dengan membuat pop up library.

Di sini, tersedia aktivitas kesenian dan hobi yang terbagi dalam lima kategori taman yakni Taman Anak, Taman Buku, Taman Hobi, Taman Kudapan, dan Taman Seni.

Taman Ria pun kembali menyuguhkan sebuah kolaborasi seni performans bertajuk Hidup Dari Sekian Banyak Ujung Pandang, Kamis (29/9/2022).

Berkolaborasi dengan kawan performer Nirwana Aprianty, Alghifahri Jasin, Mega Herdiyanti, dan disutradarai oleh Rachmat Mustamin dari Studio Patodongi menampilkan seni performans kolaboratif yang apik dan interaktif di area Taman Seni.

Studio Patodongi merupakan studio kolaborasi interdisiplin seni yang berbasis di Makassar dan merupakan konsultan seni yang fokus pada seni kontemporer, film, puisi, dan seni performans. 

Studio Patodongi ikut terlibat dalam karya "Lidah di Ambang" untuk Karya Normal Baru, kolaborasi tiga Biennale: Jakarta Biennale, Makassar Biennale, dan Biennale Jogja.

Kepala Dinas Pariwisata Makassar, Muhammad Roem mengatakan, pihaknya mendukung penuh pameran buku dan literasi Taman Ria ini.

"Ini merupakan kolaborasi bersama dengan berbagai komunitas yang ada di Makassar untuk sama-sama mengadakan kegiatan yaitu Taman Ria, untuk memberikan ruang bagi seluruh komunitas dan masyarakat Makassar sendiri untuk bisa berekspresi sesuai dengan tujuan dari Nipah, menjadikan Nipah ini sebagai tempat untuk semua ekspresi dari semua kalangan komunitas,” kata Roem, via rilis. 

Roem menyebut, ada 17 sub sektor ekonomi kreatif di Makassar termasuk adalah buku atau literasi. 

“Ini menjadi poin yang sangat penting di Makassar karena di data Bekraf sendiri, sub sektor ini menjadi salah satu tumpuan yaitu penerbit,” sebutnya.

Lebih lanjut, Roem mengarakan, Taman Ria sudah berjalan dari pekan lalu dan pekan ini adalah bagian dari Dinas Pariwisata Makassar untuk mengisi beberapa hari kedepan.

Halaman
12
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved