Tahanan Lapas Sentuh 276.172 Orang, LBH Makassar dan PBH Peradi Dorong Restorative Justice

LBH Makassar gandeng DPC Peradi Makassar dan Pusat Bantuan Hukum Peradi Makassar untuk mendorong restorative justice.

Penulis: Muh. Sauki Maulana | Editor: Hasriyani Latif
TRIBUN-TIMUR.COM/MUH SAUKI MAULANA
Suasana Seminar dan Pelatihan Advokat di Hotel M Regency Makassar, Kamis (22/9/2022). LBH Makassar gandeng DPC Peradi Makassar dan Pusat Bantuan Hukum Peradi Makassar untuk mendorong restoratif justice (RJ) dan perlindungan perempuan dan anak dalam penanganan kasus narkotika. 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - LBH Makassar gandeng DPC Peradi Makassar dan Pusat Bantuan Hukum Peradi Makassar untuk mendorong restorative justice (RJ) dan perlindungan perempuan dan anak dalam penanganan kasus narkotika

Direktur LBH Makassar Muhammad Haedir mengatakan bahwa pihaknya mendorong hal tersebut karena menemukan kasus-kasus perempuan dan anak berperan sebagai kurir dalam kasus narkotika

"Kita mengangkat tema terkait dengan pendekatan keadilan restorasi bagi perempuan dan anak untuk perkara-perkara kasus narkotika untuk perempuan dan anak," katanya saat Seminar dan Pelatihan Advokat di Hotel M Regency Makassar, Kamis (22/9/2022).

"Kami menemukan dalam kasus-kasus yang ada bahwa perempuan anak sering menjadi alat digunakan untuk baik sebagai pengguna maupun sebagai kurir dalam kasus narkotika," lanjutnya.

Menurutnya lembaga pemasyarakatan dan rumah tahanan saat ini sudah dalam keadaan sangat padat yang diakibatkan oleh banyaknya kasus-kasus narkoba. 

"Persoalannya juga ternyata kasus-kasus narkotika ini lebih banyak pengguna bahkan lebih dari 50 persen bahkan misalnya kalau kasus peradilan umum kasus narkotika itu masih lebih tinggi daripada kasus-kasus pidana umum," tambah Haedir.

Lebih lanjut, Haedir mengungkapkan berdasarkan UU narkotika pengguna itu seharusnya berada di lembaga-lembaga rehabilitasi baik itu rehabilitasi medis maupun rehabilitasi sosial. 

"Advokat menjadi penting karena peran advokat adalah memperjuangkan hak-hak tersangka terhadap kasus pidana dalam proses hukum acara pidana," ungkapnya.

Salah satu hak pengguna narkotika adalah rehabilitasi khususnya bagi pengguna narkotika dan penyalahguna ada tiga kategori dan disitu perannya advokat bagaimana menegakkan salah satu haknya dalam perkara. 

"Kenapa perempuan dan anak karena ada beberapa kasus, misalnya kasus perempuan dia terlibat dalam peredaran gelap narkotika karena kebutuhan hidupnya dia harus menghidupi keluarga dia single parent dan harus menghidupi tiga orang anak dan setelah ditangkap tiga orang anak ini menjadi kesulitan kehilangan nafkah," tambah Haedir.

Halaman
12
Sumber: Tribun Timur
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved