4 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Beli Rumah dan Ajukan KPR

angan hanya tergiur dengan bahasa kemewahan, tapi perlu juga mempertimbangkan dari sisi apakah harga rumah tersebut akan dapat dilunasi dengan baik

Editor: Ina Maharani
Ist
Ilustrasi KPR 

TRIBUN-TIMUR.COM - Perekonomian Indonesia saat ini sudah mulai membaik, data dari Bank OCBC NISP menjelaskan bahwa penyaluran kredit KPR pada semester I 2022 naik sebesar 26 persen.Animo yang baik ini tentunya seiring dengan jalan perekonomian, salah satunya adalah terlihat dengan minta masyarakat untuk membeli properti.

Dilansir dalam rilis, namun untuk dapat membeli properti ada beberapa hal yang perlu diperhatikan bagi calon pembeli.

Ini dia:


1. Melakukan perencanaan keuangan  
Perencanaan keuangan yang tepat untuk mencapai life goals kita adalah dengan benar-benar mengetahui apa yang ingin dicapai dalam jangka waktu dekat maupun panjang.

Dalam hal ini membeli rumah, perencanaan keuangan life goals untuk jangka waktu panjang, perlu mengetahui nilai ekonomi yang stabil, kecenderungan stabilitas harga yang dikaitkan dengan pendapatan pribadi.

Anda bisa mengikuti rumus 10-20-30-40 yang mana 40 persen dana disisihkan untuk menabung DP rumah secara bulanan, 30 persen dana disisihkan untuk kebutuhan pokok, 20 persen untuk tabungan lain seperti dana darurat, investasi dan asuransi, dan 10 persen untuk pengeluaran lainnya termasuk beramal.


2. Melakukan perhitungan dan perbandingan untuk mengukur kemampuan

Melakukan survei untuk memilih lingkungan perumahan, keterjangkauan dengan fasilitas publik, ulasan properti, rencana pembangunan, serta yang terpenting perbandingan dengan harga hunian sekitarnya.

Setelah dihitung, maka lakukanlah perbandingan harga dengan rumah sejenis di lokasi yang berbeda, dengan begitu bisa mendapatkan perencanaan matang dan bisa mengukur kemampuan finansial Anda.

Langkah ini yang juga perlu diperhatikan dengan baik, jangan hanya tergiur dengan bahasa kemewahan, tapi perlu juga mempertimbangkan dari sisi apakah harga rumah tersebut akan dapat dilunasi dengan baik, termasuk proses cicilan kredit yang lancar di kemudian hari.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved