Opini

Strategi Sukses Kuliah

Hari Senin 19 September 2022 Kalla Institute mengadakan acara Penyambutan Mahasiswa Baru Angkatan 2022.

Strategi Sukses Kuliah
Syamri
Syamril, Rektor Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Kalla

Oleh:Syamril
Rektor Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Kalla

TRIBUN-TIMUR.COM - Hari Senin 19 September 2022 Kalla Institute mengadakan acara Penyambutan Mahasiswa Baru Angkatan 2022.

Acara dihadiri oleh Kepala LLDikti Wilayah IX Bapak Drs. Andi Lukman, M.Si dan Ketua Umum Yayasan Hadji Kalla Ibu Fatimah Kalla.

Juga hadir tamu undangan dari Unhas, Nitro, Dinas Pendidikan, Dinas Pariwisata Sulsel. Tentu saja juga dihadiri oleh para mahasiswa baru beserta orang tua, dosen, tendik, mahasiswa Angkatan 2019-2021 dan Rektor serta Wakil Rektor Kalla Institute.

Acara PMB tidak hanya seremonial tapi juga sangat menentukan kesuksesan mahasiswa baru. Prinsipnya niat baik belum cukup, perlu juga informasi tentang segala hal yang akan dilalui selama kuliah. Itulah masa orientasi dan pengenalan lingkungan kampus.

Harapannya saat menjalani aktivitas kuliah mereka dapat beradaptasi dengan cepat dan mudah. Perubahan suasana dari SMA ke Perguruan Tinggi butuh penyesuaian diri yang tepat dan cepat. Sukses beradaptasi maka akan sukses menjalani proses perkuliahan.

Agar dapat sukses di bangku kuliah, mahasiswa harus memiliki 4 hal yang disingkat dalam kata AKSI yatu arah dan tujuan, kerja sama, strategi dan ikhlas niat ibadah.

Arah dan tujuan terkait apa cita-cita karir di masa depannya. Lalu apa yang ingin diperoleh dengan kuliah di Perguruan Tinggi agar dapat sukses menggapai cita-cita. Pastikan ada kesesuaian antara cita-cita dan kompetensi yang akan dipelajari.

Selanjutnya yaitu kerja sama atau kolaborasi. Perguruan Tinggi terdiri atas berbagai komponen yang saling bekerja sama.

Ada pimpinan kampus, pembimbing akademik, dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa dan orang tua. Semuanya harus saling bekerja sama berperan sesuai tugas pokok dan fungsi masing-masing.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved