Opini Tribun Timur

Peranan Lembaga Survey dalam Mengawal Demokrasi

​Satu lagi lembaga survey muncul dari Timur Indonesia, namanya Rasindo Lembaga ini lahir 24 Mei 2022 di Makassar dan di loungching 10 September 2022

Editor: Sudirman
Amir Muhiddin
Amir Muhiddin, Dosen Fisip Unismuh Makassar dan Dewan Pakar Rasindo 

Oleh Amir Muhiddin

Dosen Fisip Unismuh Makassar dan Dewan Pakar Rasindo


​Satu lagi lembaga survey muncul dari Timur Indonesia, namanya Rasindo Lembaga ini lahir 24 Mei 2022 di Makassar dan di loungching 10 September 2022 di Hotel Novotel.

Lembaga riset ini bernaung di bawah Yayasan Darul Ahsan Al-Makassary, yayasan yang didirikan oleh Abdul Rahim Assegaf Puang Makka, anak biologis ulama kharismatik Sulawesi Selatan KH. Jamaluddin Assegaf Puang Ramma.

Kehadiran lembaga riset ini tentu patut diberi apresiasi sebab amat langka lembaga sosial berbasis keagaamaan yang melakukan hal seperti ini, lagi pula riset sebagai suatu kegiatan bukan saja pilihan rasional (Rational Choice).

Akan tetapi sangat relevan dengan upaya pemerintah melaksanakan tugas-tugas pemerintahan, pembangunan dan pemberdayaan masyarakat yang berbasis riset (ilmu Pengetahuan).

Survay Politik 

​Rasindo memulai kegiatannya dengan Launching sambil melakukan seminar bertajuk “Peranan Lembaga Survey Dalam Mengawal Demokrasi”, menampilkan pembicara Dr. H. Laode Arumahi, M.Si (Ketua Bawaslu Sul-Sel, Faisal Amir (Ketua KPU Sul-Sel), Adi Suryadi Culla, MA dan Firdaus Muhammad,  keduanya adalah akademisi publik sekaligus sebagai Dewan Pakar Rasindo.

Melihat thema dan narasumber ini, nampak bahwa kegiatan ini cenderung berbau politik dan beraroma hajatan besar rakyat Indonesia, yaitu Pemilu serentak Tahun 2024 untuk memilih anggota DPR, DPRD (Provinsi dan Kabupaten Kota) Presiden serta DPD RI.

Pemilu serentak ini akan dilaksanakan pada tanggal 14 Februari 2024, demikian juga Pilkada yang akan dilaksanakan pada Tanggal 14 Juni 2024.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved