Opini Tribun Timur

Peran Nilai Bela Negara Bagi Generasi Muda dalam Pencegahan Virus Monkeypox di Indonesia

Apa yang dimaksud bela negara adalah sikap menjaga keutuhan dan mengenal negara sendiri lebih baik.

Editor: Sudirman
Abdul Gaffar Amd AB
Abdul Gaffar Amd AB, Peserta Latsar CPNS Kemkominfo Angkatan 25 Kelompok 3 

Oleh: Abdul Gaffar Amd AB

Peserta Latsar CPNS Kemkominfo Angkatan 25 Kelompok 3

Apa yang dimaksud bela negara adalah sikap menjaga keutuhan dan mengenal negara sendiri lebih baik.

Apa yang dimaksud dengan pertahanan negara? yang termuat dalam berbagai peraturan yaitu pokok bahasan UUD 1945, undang-undang Negara Kesatuan Republik Indonesia, khususnya Pasal 27 Ayat 3 UUD 1945, setiap warga negara berhak dan berkewajiban ikut serta dalam bela negara.

Pasal 30 ayat (1) UUD 1945 menyatakan bahwa setiap warga negara berhak dan berkewajiban ikut serta dalam pertahanan dan keamanan negara serta undang-undang MPR.

Menteri Pertahanan Republik Indonesia Purnomo Yusjantoro pernah mengatakan bahwa karakter bangsa adalah watak hakiki atau sifat dasar suatu bangsa, dan bahwa karakter bangsa adalah ciri khas yang dimiliki suatu bangsa dan membedakan dengan bangsa lain.

Unsur dasar bela negara adalah cinta tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara, keyakinan Pancasila sebagai ideologi nasional, rela berkorban demi bangsa dan bangsa, dan kemampuan awal bela negara.

Mengacu pada unsur dasar pertahanan negara, fungsi pertahanan negara adalah melindungi negara dari berbagai ancaman, menjaga keutuhan wilayah negara, merupakan tugas setiap warga negara dan panggilan sejarah.

Bela negara biasanya selalu dikaitkan dengan angkatan bersenjata seolah-olah tugas dan tanggung jawab bela negara hanya berada di tangan Angkatan Bersenjata Republik Indonesia.

Di sisi lain, menurut Pasal 30(1) UUD 1945, pertahanan negara adalah hak dan kewajiban setiap warga negara Republik Indonesia.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved