Kereta Api

Soal Kereta Api Sulsel, Kabid Humas: Jangan Pernah Berpikir Mangkrak, Semua akan Happy Ending

Sultan mengatakan, tahun ini 2022, pengoperasian kereta api Barru-Maros akan berjalan. Sambil menunggu pengerjaan trase Makassar-Maros di Makassar.

Penulis: Siti Aminah | Editor: Muh. Irham
ist
Kepala Bidang Humas Diskominfo Sulsel Sultan Rakib 

MAKASSAR, TRIBUN-TIMUR.COM — Kepala Bidang Humas Diskominfo Sulsel Sultan Rakib menegaskan bahwa jangan pernah berpikir negatif terhadap pembangunan kereta api di Sulsel, termasuk pesimis dan bernarasi bahwa proyek strategis nasional ini (PSN) akan mangkrak.

“Bagaimana mau mangkrak kan sudah jalan. Trase (jalur) Barru, Pangkep Dan Maros sudah rampung. Oktober nanti ini akan difungsikan oleh Bapak Presiden Jokowi. Apanya yang mangkrak,” ujar Sultan Rakib saat dimintai keterangan oleh Tribun Timur di sela sela acara gebyar merah putih” di Kantor Gubernur Sulsel, Jumat (12/8/2022).

Sultan mengatakan, tahun ini 2022, pengoperasian kereta api Barru-Maros akan berjalan. Sambil menunggu pengerjaan trase Makassar-Maros di Makassar.

Rel kereta api untuk segmen E (Maros-Makassar) saat ini sudah memasuki tahapan pelaksanaan pembebasan lahan oleh Panitia Pengadaan Tanah (P2T) dari BPN. Itu artinya, jika sudah melewati tahapan pelaksanaan, maka tahap selanjutnya adalah penyerahan hasil pembebasan lahan ke Kementerian Perhubungan untuk kemudian dilakukan pembangunan rel secara teknis.

Lantas bagaimana dengan teknis atas keinginan Pemkot Makassar yang menginginkan trase rel yang melewati Makassar itu elevated (melayang). Sedangkan konsep dari awal detail engineering design (DED) dari Balai Pengelola Kereta Api (BPKA) Sulsel Adalah at grade (di atas tanah).

Sultan tidak banyak komentar. Dia hanya mengatakan bahwa ini proyek strategis nasional (PSN) wajib didorong dan didukung oleh seluruh stake holders, baik pemprov maupun pemkot/pemkab.

“Yang jelas akan happy ending ji ini nanti. Berpikir positif saja bosku,” singkat Sultan.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved