Indah Setujui Ranperda Kurikulum Muatan Lokal dan Tanggung Jawab Sosial Lingkungan Perusahaan

Menurut Indah Putri Indriani salah satu kurikulum pendidikan yang wajib dimuat dalam mata pelajaran, modul, blok, tematik yaitu muatan lokal.

Penulis: Ivan Ismar | Editor: Waode Nurmin
Humas Pemkab Lutra
Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani dalam rapat paripurna agenda pendapat bupati terhadap penjelasan pengusung terkait ranperda inisiatif DPRD Luwu Utara, Jumat (29/7/2022). 

TRIBUNLUTRA.COM, MASAMBA - Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani menyutujui dua rancangan peraturan daerah (ranperda).

Dua ranperda ini inisiatif DPRD Luwu Utara tentang kurikulum muatan lokal dan ranperda tentang tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahaan.

Disampaikan Indah dalam rapat paripurna agenda pendapat bupati terhadap penjelasan pengusung terkait ranperda inisiatif DPRD Luwu Utara, Jumat (29/7/2022).

Indah berterima kasih atas adanya dua ranperda inisiatif ini.

Dimana kata Indah, secara umum subtansinya mengatur mengenai urusan pendidikan, lingkungan.

Kemudian pembangunan dan kesejahteraan yang dapat dimaknai sebagai manifestasi dari esensi pemerintahan daerah yaitu penyelenggaraan urusan pemerintahan daerah dan DPRD.

Ia menambahkan, dua ranperda ini menggambarkan, disamping fungsi regulasi atau fungsi pembentukkan perda yang melekat pada DPRD telah dilaksanakan.

"Ini menunjukkan wujud pemerintahan di daerah secara bersama-sama oleh pemda dan DPRD sebagaimana yang diamanatkan dalam undang-undang," kata Indah.

Menurutnya, salah satu kurikulum pendidikan yang wajib dimuat dalam mata pelajaran, modul, blok, tematik yaitu muatan lokal.

"Ini merupakan bahan kajian atau mata pelajaran pada satuan pendidikan yang berisi muatan dan proses pembelajaran, tentang potensi dan keunikan lokal yang dimaksud untuk membentuk pemahaman peserta didik terhadap keunggulan dan kearifan daerah," kata Indah.

Muatan lokal ini kata Indah, diajarkan dengan tujuan untuk membekali peserta didik dengan sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang diperlukan.

Tujuannya untuk melestarikan dan mengembangkan keunggulan, kearifan daerah yang berguna bagi diri dan lingkungan dalam rangka menunjang pembangunan nasional

Ia menambahkan, ranperda tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahaan sebagai komitmen perseroan untuk berperan serta dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan.

Guna meningkatkan kualitas kehidupan dan lingkungan yang bermanfaat, baik bagi perseroan sendiri, komunitas setempat, maupun masyarakat pada umumnya.

"Saya berharap pembahasan dua ranperda ini dapat berjalan lancar dan tidak menemui kendala," imbuh Indah.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved