Ibadah Haji

Mengenal Hipoglikemia, Penyakit yang Diderita Jamaah Haji Indonesia Saat Wukuf di Padang Arafah

Selama pelaksanaan wukuf, banyak jamaah haji Indonesia yang terpaksa harus menjalani perawatan di Pos Kesehatan Satelit, Arafah.

Editor: Muh. Irham
freepik
Jamaah haji sedang melakukan wukuf di Padang Arafah. Selama pelaksanaan wukuf atau berdiam diri di Padang Arafah, banyak jamaah haji asal Indonesia yang terpaksa mendapatkan perawatan karena mengalami gangguan kesehatan, salah satunya adalah hipoglikemia 

TRIBUN-TIMUR.COM - Hari ini, jamaah haji dari seluruh dunia melakukan ritual wukuf di Padang Arafah.

Mereka akan berada di padang pasir yang tandus dan panas tersebut selama seharian. 

Wukuf di Padang Arafah ini merupakan ritual wajib yang harus dilakoni setiap jamaah haji.

Selama pelaksanaan wukuf, banyak jamaah haji Indonesia yang terpaksa harus menjalani perawatan di Pos Kesehatan Satelit, Arafah.

Menurut Koordinator Emergency Medical Team, dr Erwinsyah Patta Parang,  beberapa jamaah ada yang mengalami sengatan panas (heat exhaustion), kelelahan dan dehidrasi.

“Ada juga kasus hipoglikemia (kadar gula turun) pada pasien diabetes melitus yang kami temui, karena jamaah malas makan” ujar Erwinsyah melalui keterangan tertulis, Jumat (8/7/2022).

Jamaah yang membutuhkan pelayanan kesehatan, kata Erwinsyah, langsung dijemput tim EMT untuk mendapatkan pelayanan kesehatan di Poskes Satelit.

Erwinsyah mengungkapkan jamaah mendapatkan terapi infus dan pengobatan yang dibutuhkan.

"Setelah kondisi jamaah stabil, kita kembalikan ke kloter," tutur Erwinsyah.

Namun dari sejumlah jamaah yang mendapatkan pelayanan kesehatan, lima orang harus dirujuk ke Pos Kesehatan Arafah untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved