Hepatitis Akut

13 Gejala Hepatitis Akut Misterius yang Terdeteksi di Indonesia, Menyerang Anak-anak

Dari total kasus tersebut, setelah dilakukan pemeriksaan 13 di antaranya termasuk kategori discarded atau tidak berkaitan.

Editor: Muh. Irham
SHUTTERSTOCK/EMILY FROST via KOMPAS.COM
Ilustrasi hepatitis. 

TRIBUN-TIMUR.COM - Hingga 17 Mei 2022, Kementerian Kesehatan RI mencatat terdapat 27kasus dugaan hepatitis akut misterius di Indonesia.

Dari total kasus tersebut, setelah dilakukan pemeriksaan 13 di antaranya termasuk kategori discarded atau tidak berkaitan.

Sisanya adalah kasus probable atau kemungkinan terkena hepatitis akut, dan juga masuk kategori pending classification yakni masih menunggu hasil pemeriksaan. 

Sehingga, kasus ini dikeluarkan dari daftar dugaan hepatitis akut yang belum diketahui penyebabnya atau kerap disebut hepatitis akut misterius.

Direktur Utama Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Prof Sulianto Saroso dr Muhammad Syahril, menjabarkan kategori dugaan kasus hepatitis akut berat tersebut, antara lain:

- Probable (1 pasien): DKI Jakarta

- Pending classification (13 pasien): DKI Jakarta, Sumatera Utara, Sumatera Barat, dan Jawa Timur

- Discarded (13 pasien): DKI Jakarta, Jawa Timur, dan Kalimantan Timur

"Ada pengurangan kasus probable karena setelah dilakukan pemeriksaan terakhir dia sepsis karena bakteri, sehingga dia dikeluarkan (discarded). Yang tadinya dua (probable) di tanggal 16 Mei 2022 menjadi satu (kasus hepatitis akut)," ujar Syahril dalam konferensi pers daring, Rabu (18/5/2022).

Dipaparkannya dari 14 pasien yang diduga terkena hepatitis akut misterius, sebanyak sembilan orang di antaranya adalah laki-laki, dan lima perempuan.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved