Poliandri

Cerita Wanita Bersuami Dua di Cianjur, Malam di Suami Tua, Pagi Hingga Sore di Suami Muda

Perempuan itu menikah dengan laki-laki pertama di KUA, kemudian menikah lagi dengan laki-laki lain secara siri.

Editor: Muh. Irham
ist
Ilustrasi Poliandri 

TRIBUN-TIMUR.COM - Seorang wanita muda di Cianjur, Jawa Barat, menjadi sorotan publik lantaran melakukan praktik poliandri atau memiliki dua suami.

Aksi wanita bernama samaran Mawar (28) ini lama kelamaan akhirnya diketahui publik.

Mawar melakukan praktek poliandri tanpa diketahui orang-orang sekitar. Sebab pada malam hari, ia tidur bersama suami tuanya. Sedangkan pada malam hari, ia pergi ke rumah suami mudanya.

Perempuan itu menikah dengan laki-laki pertama di KUA, kemudian menikah lagi dengan laki-laki lain secara siri.

Setelah aksinya diketahui warga, ia diusir hingga pakaiannya dibakar.

Dilansir dari Tribunnews.com, tokoh masyarakat Desa Tanjungsari, Aep Ibing (60) mengatakan, Mawar masih berstatus sebagai istri sah dari TS (49) namun menikah diam-diam secara siri dengan laki-laki lain berinisial UA (32) warga Desa Babakancaringin, Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Cianjur.

"Pernikahan siri Mawar dengan UA dilakukan tanpa sepengetahuan dari suaminya, padahal antara dirinya dengan TS masih terikat dalam sebuah perkawinan yang sah," ujar Aep di Cianjur, Minggu (15/5/2022).

Prosesi pernikahan siri Mawar yang berstatus istri sah dari TS ini digelar pada Desember 2021 bertempat di kampung kediaman UA dengan melibatkan seorang ustaz setempat.

Namun kasus poliandri yang dilakukan Mawar tersebut baru terbongkar pada hari Minggu (9/5/2022), setelah dilakukan penelusuran oleh pihak keluarga TS yang penasaran dengan beredarnya isu pernikahan antara Mawar dengan laki-lain.

Menyusul terbongkarnya praktek poliandri tersebut, sang suami sah, TS, kemudian menyatakan cerai, menjatuhkan talak 3 kepada Mawar.

Fakta baru istri bersuami dua, sebut saja Mawar (28), di Cianjur cukup membuat warga kaget dan prihatin.

Pasalnya Mawar mengaku berstatus janda saat dinikahkan ke suami mudanya.

Padahal warga mengetahui dari suami sahnya, TS (42), Mawar sudah mempunyai dua orang anak yakni anak laki-laki dan anak perempuan.

Hal tersebut diduga warga untuk memuluskan jalannya pernikahan kedua secara siri yang dilakukan di rumah suami mudanya di kawasan Desa Babakan Caringin, Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Cianjur lima bulan yang lalu atau sekitar Desember 2021.

Halaman
12
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved