Kinder Joy

Kenali Bahaya Salmonella, Bakteri yang Bikin Kinder Joy Ditarik Sementara Peredarannya oleh BPOM

Bakteri salmonella dapat mencemari makanan selama proses pemotongan hingga pencucian makanan melalui air yang terkontaminasi salmonella.

Editor: Hasriyani Latif
ferrero.com
Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menegaskan tak hanya Kinder Joy, semua produk dengan merek Kinder sementara disetop di pasaran sampai dinyatakan aman. 

TRIBUN-TIMUR.COM - Camilan anak Kinder Joy ditarik sementara peredarannya di pasaran Indonesia.

Ini dilakukan sebagai upaya pencegahan akibat dugaan penyebaran bakteri Salmonella yang ditemukan pada makanan anak-anak itu di Inggris beberapa waktu lalu.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menegaskan tak hanya Kinder Joy, semua produk dengan merek Kinder sementara disetop di pasaran sampai dinyatakan aman.

Baca juga: Ada Apa dengan Kinder Joy? BPOM Hentikan Sementara Peredarannya, Sampai Dipastikan Aman

Baca juga: Jangan Sampai Kamu Beli, Cek Daftar 18 Kosmetik Berbahaya Temuan BPOM Baru-baru Ini

"Badan POM akan menghentikan peredaran produk merek Kinder untuk sementara waktu, sampai dipastikan produk tersebut tidak mengandung cemaran bakteri Salmonella," kata Kepala BPOM, Penny Lukito dalam keterangan tertulisnya, Senin (11/4/2022).

Menurutnya, Badan POM mengawal dan memastikan penghentian peredaran tersebut dilakukan sesuai dengan prosedur yang berlaku.

Penghentian peredaran ini juga dilakukan seiring dengan proses pengujian random sampling di seluruh wilayah Indonesia terhadap produk merek Kinder yang telah terdaftar di BPOM.

Diakui BPOM, produk Kinder yang ada di Indonesia sebenarnya berbeda dengan produk yang tersebar di Inggris dan sejumlah negara Eropa lainnya.

Produk merek Kinder yang terdaftar di BPOM berasal dari India dengan nama varian produk antara lain Kinder Joy, Kinder Joy for Boys, dan Kinder Joy for Girls.

ILUSTRASI. Sebuah pabrik cokelat Kinder di Belgia telah diperintahkan untuk ditutup setelah dikaitkan dengan puluhan kasus salmonella.
ILUSTRASI. Sebuah pabrik cokelat Kinder di Belgia telah diperintahkan untuk ditutup setelah dikaitkan dengan puluhan kasus salmonella. (UK Health)

"Produk tersebut diproduksi oleh Ferrero India PVT, LTD," kata Penny.

Sementara produk yang ditarik di Inggris dan negara Eropa lainnya sesuai dengan peringatan publik yang diterbitkan oleh Food Standard Agency/FSA adalah produk cokelat merek Kinder Surprise dalam kemasan tunggal 20 gram dan kemasan isi 3, dengan batas tanggal kedaluwarsa 7 Oktober 2022.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved